Serapan Pupuk Subsidi Belum Maksimal, Ini Penyebabnya

Serapan Pupuk Subsidi Belum Maksimal, Ini Penyebabnya

Ilustrasi pupuk bersubsidi--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat serapan pupuk subsidi di kabupaten setempat hingga akhir Juni belum mencapai 50 persen dari total alokasi pupuk subsidi yang diterima selama tahun 2023.

Kabid Prasarana Pertanian, Ade Kurniawan, S.P., mendampingi Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan tahun ini alokasi pupuk subsidi untuk Kabupaten setempat jenis Urea mencapai 5.732 ton, jenis NPK Phonska 5.310 ton dan NPK Formula 160 ton.

BACA JUGA:Sat Samapta Polres Pesbar Rutin Patroli Hunting dan Dialogis

“Dari jumlah alokasi itu untuk jenis Urea telah terserap 2.303,85 ton atau 40,19 persen, jenis NPK Phonska 2.325 ton atau 43,79 persen, sedangkan untuk NPK Formula belum ada serapan,” kata dia.

Dijelaskannya, masih rendahnya serapan pupuk subsidi tersebut karena seluruh kios penyalur melakukan pembatasan penjualan kepada petani untuk mengantisipasi masa tanam rendeng yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

BACA JUGA:Ditemukan Selongsong dan Peluru Aktif Milik Pelaku, saat Baku Tembak dengan Polisi

“Pada masa tanam rendeng nanti, areal persawahan yang akan ditanam lebih luas dari masa tanam gadu yang sedang berlangsung saat ini, sehingga otomatis serapan pupuk subsidi juga akan lebih banyak,” jelasnya.

Menurutnya, meski dilakukan pembatasan sejauh ini kebutuhan pupuk subsidi petani telah terpenuhi karena penyalurannya sesuai dengan kuota masing-masing kelompok tani.

BACA JUGA:Soal Kasus 'Bajingan' Rocky Gerung, Jokowi : Itu Hal Kecil, Saya Memilih Kerja Saja

“Sampai sekarang semua kebutuhan petani akan pupuk subsidi itu masih terpenuhi, karena kios penyalur mengeluarkan jumlah pupuk subsidi sesuai dengan kuota masing-masing kelompok,” terangnya.

Sementara itu, terkait belum adanya serapan pupuk subsidi jenis NPK formula, karena belum ada penyaluran dari distributor penyedia pupuk subsidi itu ke sejumlah kios yang ada di Pesbar. 

BACA JUGA:Motor Curian Kembali, Korban Ucapkan Terima Kasih ke Kapolda Lampung

“Permintaan pupuk subsidi formula itu sudah ada, tapi memang pupuknya yang belum tersedia di kios karena belum ada penyaluran dari distributor,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: