Kuota LPG Bersubsidi untuk Lambar 6.681 Metrik Ton, Pemkab Ungkap Penyebab Kenapa di Warung Langka

Kuota LPG Bersubsidi untuk Lambar 6.681 Metrik Ton, Pemkab Ungkap Penyebab Kenapa di Warung Langka

Ilustraei Gas Elpiji-Pertamina-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berubahnya kebijakan pihak Pertamina untuk membatasi penjualan Liquefied petroleum gas (LPG/Elpiji) bersubsidi 3 kilogram di tingkat pengecer (warung) atau penjualan ditekankan hingga tingkat pangkalan, menjadi penyebab masyarakat kesulitan untuk mendapatkan gas bersubsidi tersebut.

Untuk kuota Elpiji 3 kg untuk Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 ini sebanyak 6.263 metrik ton atau sekitar 2.000.000 tabung Elpiji tiga kilogram bersubsidi. 

BACA JUGA:Langsung Cair! Begini Cara Pinjam Uang di DANA, Limit Hingga Rp10 Juta

Kuota tersebut belum termasuk cadangan  sebanyak 418 metrik ton, atau total kuota murni dan cadangan sebanyak 6.681 metrik ton, selain itu juga terdapat kuota tambahan pada saat hari raya.

Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setdakab Lampung Barat Sri Wiyatmi ditemui di ruang kerjanya Rabu 2 Agustus 2023 mengatakan, secara aturan perpanjangan tangan pihak Pertamina dalam penyaluran Elpiji khususnya Elpiji bersubsidi tiga kilogram itu berakhir di pangkalan.

BACA JUGA:Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Akhirnya Ditetapkan Sebagai Tersangka Dugaan Penistaan Agama

Selanjutnya, sesuai Kepmen ESDM No. 37.K/MC.01/MEM M/2023 dan Kep Dirjen Migas No 99 K/MC.05/DIM/2023, dalam pendistribusian isi ulang LPG 3 Kg secara tepat sasaran, di tahap I akan dilakukan proses pendataan "Rumah Tangga dan Usaha Mikro Pengguna LPG 3 Kg untuk memasak serta Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran Penerima Bantuan Paket Konverter Kit LPG 3 Kg dari Pemerintah" oleh PT Pertamina (Persero) melalui sub penyalur/pangkalan LPG 3 Kg dengan menggunakan aplikasi berbasis web dimana untuk wilayah Sumatera itu diberlakukan mulai 1 Mei 2023 tak terkecuali untuk wilayah Lampung Barat.

"Pertamina membatasi pihak pangkalan Elpiji menjual kepada pengecer dalam hal ini warung, hanya 20 persen dari kuota yang didapat oleh masing-masing pangkalan, dan secara bertahap itu akan dikurangi, sehingga kedepan penjualan Elpiji tiga kilogram akan sepenuhnya di pangkalan," ungkap Sri Wiyatmi.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Leo-Capricorn Hari Ini 2 Agustus 2023, Jadilah Pendengar Untuk Pasanganmu

Dalam melakukan pembelian Elpiji tiga kilogram di pangkalan, lanjut Sri Wiyatmi, masyarakat harus membawa KTP, yang tujuannya pihak Pertamina akan melakukan pencocokan data, apakah masyarakat yang melakukan pembelian elpiji tiga kilogram di pangkalan merupakan masyarakat yang layak menerima subsidi atau tidak.

Lanjut Sri Wiyatmi, untung jumlah pangkalan Elpiji di Lampung Barat saat ini berjumlah 233 pangkalan dari empat agen penyalur. 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aquarius-Cancer Hari Ini 2 Agustus 2023, Jangan Gegabah Keluar Uang

Namun ia mengakui sebaran 233 pangkalan tersebut belum mengcover 131 Pekon dan lima kelurahan di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

"Hanya saja untuk Pekon yang tidak ada pangkalan itu di cover oleh pangkalan Elpiji dari Pekon terdekat. Sehingga secara umum, untuk penyaluran melalui pangkalan tidak ada kendala," pungkas Sri Wiyatmi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: