Polres Pesisir Barat Ajak Pelajar Jauhi Narkoba

Polres Pesisir Barat Ajak Pelajar Jauhi Narkoba

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Satuan Reserse Narkoba Polres Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih rutin mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan Narkoba di wilayah hukum Polres setempat dengan menyasar pelajar di kabupaten setempat.

Kasat Reserse Narkoba Polres Pesbar, Iptu. Jepri Syaifullah, S.H, M.H., mendampingi Kapolres Pesbar AKBP. Alsyahendra, S. Ik, M.H., salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba seperti menggelar sosialisasi tentang hidup sehat tanpa narkoba yang menyasar siswa sekolah seperti di SMAN 1 Pesisir Utara, Selasa 25 Juli kemarin.

BACA JUGA:MWCNU Se-Lampung Barat Hormati Keputusan PBNU soal Hak Suara di Konferwil NU Lampung Tahun 2023

“Upaya pencegahan bisa dilakukan melalui penyuluhan bahaya narkoba seperti yang masih rutin kita laksanakan sekarang ini, pola hidup sehat dan produktif, mengisi waktu dengan kegiatan yang positif, hingga selektif dalam memilih teman,” kata dia.

Dijelaskannya, dengan adanya penyuluhan bahaya narkoba itu diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar tentang Narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya serta dapat menjadi penggiat anti narkoba di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA:Puskesmas Pugung Tampak Laksanakan Jambore Posyandu

“Siswa harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan harus mampu membuat lingkungan yang baik dan tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” jelasnya.

Dikatakannya, pihaknya menghimbau agar seluruh siswa menjauhi narkoba dan pergaulan bebas, karena jika sudah terjerumus dampaknya besar sekali yaitu masa depan dan nyawa menjadi taruhan bagi pecandu narkoba.

BACA JUGA:Kemenkumham Lampung Serahkan Draf Naskah Akademik-Ranperda Kepada Pemkab Lampung Barat

“Pelajar juga harus tahu bahaya narkoba yang dapat berdampak terhadap gangguan sistem saraf, gangguan jantung, paru-paru, dampak kesehatan reproduksi dan bisa tertular HIV, lamban kerja, hilang percaya diri, sulit konsentrasi, cenderung menyakiti diri dan masih banyak dampak lainnya,” terangnya

Menurutnya, terdapat sejumlah cara supaya terhindar dari narkoba yaitu dengan meningkatkan keimanan dan taqwa kepada Tuhan yang maha esa, pandai memilih teman, mengisi dengan kegiatan positif, mengembangkan bakat sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

BACA JUGA:Dinas Ketahanan Pangan dan TPH Provinsi Lampung Verifikasi Tiga KWT di Lampung Barat

“Kami menghimbau kepada seluruh peserta didik jangan pernah berpikir untuk menggunakan narkoba, melihat dari ancaman hukuman dan denda, pemerintah serius dalam memberantas peredaran narkoba, kami berharap para pelajar ini bisa membantu kami sebagai agen, kalau ada informasi terkait peredaran narkoba, segera hubungi kami, dengan begitu kalian termasuk peduli dengan lingkungan supaya menjadi lebih baik,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: