UPT Keswan Gedung Surian Gencarkan Vaksin PMK Jenis Sapi dan Kambing

UPT Keswan Gedung Surian Gencarkan Vaksin PMK Jenis Sapi dan Kambing

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya mencegah terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak masyarakat, pemerintah terus melakukan upaya seperti menggiatkan vaksin PMK terhadap hewan ternak jenis sapi dan kambing.

Sebagaimana yang terus dikejar oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Hewan (Puskeswan) Gedung Surian membawahi Kecamatan Gedung Surian, Kebun Tebu dan Sumberjaya. 

Kepala UPT Puskeswan setempat Devita Eviana, S.Ag, menyampaikan jika pada awal kegiatan vaksin difokuskan pada ternak sapi, maka seiring waktu juga diterapkan pada jenis kambing. 

Dan untuk mempercepat target vaksin PMK pihak UPT Puskeswan melakukan pelayanan sistem jemput bola yakni dengan mengunjungi ternak warga.

BACA JUGA:Terminal Liwa Menuju Tipe B, Pengelolaan akan Menjadi Kewenangan Provinsi

"Dalam kegiatan vaksin PMK ini kami UPT Keswan menerjunkan semua personil termasuk ahlinya yakni drh Catur, sehingga dapat juga mengecek kondisi kesehatan hewan warga," terang pihaknya.

Devita menyampaikan sesuai dengan jatah vaksin yang ada dengan dipresentasikan dengan ternak yang dimiliki masyarakat. 

Hingga Desember mendatang di targetkan hewan ternak yang tervaksin mencapai 2.000 ternak.

Dimana jika dihitung hewan ternak sapi dan kambing yang telah di vaksin diperkirakan hingga Juli ini lebih dari 50 persen. 

BACA JUGA:Revisi RTRW Lampung Barat Dibahas Bersama Kementerian ATR/BPN

Dan dari target itu populasi ternak yang mendominasi yakni ternak kambing.

Evita mengakui, kendala yang terjadi di lapangan masih ada peternak yang memiliki keraguan untuk diberikannya vaksin pada ternak.

Dan itu tentu menjadi tantangan petugas dalam memberikan pemahaman pentingnya vaksin PMK. 

Karena itu pihaknya berharap dan menghimbau masyarakat dapat menyadari dan memahami perlunya vaksin untuk keberlangsungan perkembangan peternakan yang sekarang ini terus bertumbuh kembang di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: