Ternyata SMKN 1 Liwa Punya Unit Usaha Hotel

Ternyata SMKN 1 Liwa Punya Unit Usaha Hotel

SMKN 1 Liwa--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya mendorong kemajuan sekolah, pemerintah menggulirkan beragam program.

Seperti di SMK Negeri 1 Liwa, Kabupaten Lampung Barat, menjadi satu-satunya sekolah kejuruan yang telah memiliki unit usaha hotel

BACA JUGA:Peringati Hari Lansia Nasional, Ketua LKKS Riana Sari Bagikan Sembako di Tegineneng

Dimana awal mula keberadaan hotel yang diberi nama Hotel Robani tersebut, awalnya berfungsi sebagai hotel praktek (edotel) untuk mendukung kegiatan pendidikan siswa jurusan perhotelan.

Tapi seiring perkembangannya, serta kemajuan kabupaten tersebut, keberadaan edotel dikomersilkan menjadi hotel penyewaan umum, yang tujuannya tidak lain untuk meraih pendapatan sekolah dan bahkan kerap dimanfaatkan pejabat provinsi sebagai penginapan ketika ada agenda kerja di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Bersama INTI Bagikan 3,5 Ton Beras Kepada Warga Bumi Waras

Atas kepemilikan hotel itu tentunya menjadi satu kemajuan bidang dunia pendidikan. Sebab selain menjadi sarana bagi siswa menempuh pembelajaran jurusan, juga mampu meraih omzet untuk pendapatan sekolah itu sendiri. 

Dan tentunya guna memberikan kenyamanan dan ketertarikan pengunjung. Hotel Robani yang mengambil nama kepala sekolah (kepsek) pertama SMKN 1 Liwa itu dalam pengelolaannya perlu di barengi dengan sistem manajemen yang baik, mengingat fasilitas tersebut merupakan milik negara di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung ini. 

BACA JUGA:Soal KDRT, Wagub Nunik Ajak Korban Kekerasan Tidak Takut Melapor untuk Mendapat Perlindungan

Namun sayang hingga berita ini diturunkan Kepala SMK setempat Tri Yunita, S.Ag, M.Pdi., belum bisa dimintai informasi lanjutan, dihubungi via handphone meski dalam kondisi WhatsApp (WA) aktif.

Sehingga informasi lebih lanjut terhadap manajemen pengelolaan hotel sebagai usaha di SMKN tersebut belum di ketahui lebih jelas, termasuk pemberdayaan siswa didik yang mendapatkan tugas kerja dan berbagai lainnya dan, dari hasil usaha (omzet) pemanfaatannya seperti apa dan bagaimana.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: