ASN Turut Ramaikan Senam Bersama Relawan Calon Presiden di Way Tenong

ASN Turut Ramaikan Senam Bersama Relawan Calon Presiden di Way Tenong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lampung Barat, turut hadir dalam acara senam bersama Relawan Ganjar Pranowo  yang diselenggarakan di Pekon Puralaksana, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat, Jumat 21 Juli 2023 pagi.

Senam bersama tersebut dihadiri Sekjen Ganjar Untuk Rakyat (Guntur) Indonesia Liden Sihite, Koordinator Wilayah Sumatera II Eliya Nurita, ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat Parosil Mabsus dan pengurus Guntur Lampung Barat, sejumlah pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta ratusan peserta.

Beberapa pejabat yang diketahui hadir dalam acara tersebut antara lain Camat Way Tenong Nowo Wibowo, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat Riyadi Andrianto, bahkan terdapat Kepala sekolah salah satunya Kepala SMPN 1 Way Tenong Bambang Irawan juga turut hadir.

Nowo Wibowo, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ia turut hadir dalam senam bersama relawan Ganjar Pranowo yang dikemas dalam senam jantung sehat tersebut. "Iya, saya hadir dalam kapasitas saya sebagai camat," ungkapnya.

BACA JUGA:Badai Matahari dan Dampaknya pada Kehidupan di Bumi

Namun, kata dia, senam bersama tersebut memang menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap bulan, yang diikuti oleh ASN, perwakilan dari Pekon dan masyarakat yang merupakan program klub jantung sehat.

"Kegiatannya memang rutin dilaksanakan setiap bulan, kalau di pekon itu setiap Minggu, dan kebetulan mereka (relawan Ganjar Pranowo) nimbrung untuk ikut senam," kata dia, seraya menambahkan tidak ada mobilisasi terlebih memfasilitasi untuk kepentingan politik.

Sementara, Riyadi Andrianto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ia hadir dalam kegiatan senam bersama acara relawan Ganjar tersebut.

Ia juga mengaku mengetahui bahwa ASN dilarang untuk hadir dalam kegiatan-kegiatan politik, halnya acara senam bersama relawan Ganjar yang seyogyanya Ganjar Pranowo merupakan salah satu Calon Presiden (Capres) RI. Namun ia mengaku hadir dalam kapasitasnya sebagai pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI).

BACA JUGA:Komplotan Pencuri yang Menarget Rumah Kosong Dibekuk Polsek Jati Agung

"Nggak Mas (Ditanya soal apakah diperbolehkan ASN hadir di acara politik, Red), saya hadir dalam kapasitas pengurus YJI Kabupaten Lampung Barat," ujar Riyadi singkat.

Diberitakan sebelumnya, ASN di Lampung Barat harus netral dan tidak terlibat politik praktis pada pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

Penjabat (Pj) Bupati Drs. Nukman, M.M mengungkapkan, terkait netralitas ASN, pemerintah pusat telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 2 Tahun 2022, Menteri Dalam Negeri Nomor 800-5474 Tahun 2022, Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 246 Tahun 2022, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor 30 Tahun 2022 dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 1447.1/PM.01/09/2022 tentang Pedoman dan Pembinaan dan Pengawasan Netralitas ASN dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: