Lakukan 6 Cara Ini Agar Mobil Bertransmisi Otomatis Aman dan Awet

Lakukan 6 Cara Ini Agar Mobil Bertransmisi Otomatis Aman dan Awet

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kendaraan Roda Empat (R4) Bertranmisi Otometik kebanyakan digunakan di tempat-tempat keramaian atau perkotaan, terlebih saat mengalami kemacetan tentu mobil tersebut, akan lebih mudah digunakan.

Selain mudah dalam pengoprasianya R4 metik lebih aman ketimbang mobil berjeniskan manual, tidak harus menginjak kopling dan pergantian gigi saat berjalan lamban.

Transmisi matic dapat lebih mudah dan nyaman. Baik itu transmisi matic jenis Continous Variable Transmission (CVT) maupun konvensional.

Akan tetapi dibalik kenyamanan tersebut mengoperasikan mobil bertransmisi matic  yang salah maka dapat menimbulkan kerusakan dan usia transmisi mobil tersebut akan lebih pendek.

BACA JUGA:Gelar Peringatan Tahun Baru Islam, PDIP Pringsewu Bermunajat Menangkan Pemilu 2024

Menurut seorang Teknisi senior sekaligus pemilik bengkel spesialis Worner Matic di Bintaro Tangerang Selatan Hermas Efendi Prabowo mengatakan, Kesalahan Menggunakan Mobil Matic setidaknya ada 6 sebab tanpa sadar sering dilakukan pengemudi Mobil Matic, antara lain:

1. Memindahkan Gigi D ke R atau Sebaliknya, kondisi kendaraan R4 matic belum sepenuhnya berhenti secara sempurna. Sebaliknya, pastikan kendaraan berhenti sebelum melakukanya.

Apabila dilakukan perpindahan tuas dalam posisi mobil masih dalam keadaan bergerak akan menyebabkan gesekan keras pada komponen girboks.

"Karena komponen yang dua geraknya berlawanan ketemu, terjadilah gesekan yang berlebihan," ungkapnya.

BACA JUGA:Nyambi Jadi Bandar Narkotika, Seorang Kakek Ditangkap Polres Tulang Bawang

2. Sering menekan gas pada saat berhenti di tanjakan, itu sama saja dengan menggunakan setengah kopling di transmisi kendaraan manual.

Apabila melakukan hal tersebut dapat membuat kerja kopling dan transmisi menjadi kencang yang menyebabkan panas berlebih atau bisa disebut overheat. 

Maka berdampak pada transmisi matic tidak lagi responsif.

Cara yang benar adalah dengan menggunakan rem parkir atau hand brake, dengan kata lain fitur hill assist control bagi kendaraan R4 yang sudah memilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: