Pesisir Barat Miliki 6 Spot Surfing Kelas Dunia

Pesisir Barat Miliki 6 Spot Surfing Kelas Dunia

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), setiap tahun  menjadi salah satu daerah di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan, hal itu karena memiliki potensi surfing yang luar biasa. 

Sehingga setiap tahun ribuan wisatawan mancanegara datang ke Kabupaten yang berjuluk Negeri Para Saibatin dan Para Ulama itu.

Plt. Sekda Pesbar, Drs. Jon Edwar, M. Pd., mengaku Kabupaten Pesbar memiliki 39 spot surfing yang tersebar di sejumlah kecamatan, dari jumlah itu terdapat enam spot surfing kelas dunia dan kerap dikunjungi wisatawan mancanegara.

“Wilayah Kabupaten Pesbar merupakan pesisir pantai dan berhadapan langsung dengan samudera hindia, membuat wilayah ini memiliki ombak yang besar dan bagus untuk olahraga surfing,” kata dia.

BACA JUGA:Salurkan Bantuan DID, KKP dan Kelompok UPPKA Harus Bijak Manfaatkan Bantuan

Dijelaskannya, enam lokasi surfing yang memiliki ombak kelas dunia itu, antara lain Pantai Way Jambu, pantai Tanjung Setia di Kecamatan Pesisir Selatan, pantai Mandiri di Kecamatan Krui Selatan.

“Selain itu, Pantai Labuhan Jukung di Kecamatan Pesisir Tengah, Pantai Negeri Ratu di Pesisir Utara dan Pantai Pekon Penengahan di Kecamatan Lemong,” jelasnya.

Ditambahkannya, salah satu lokasi surfing yang paling terkenal adalah Pantai Tanjung Setia dan merupakan lokasi pelaksanaan WSL Krui Pro yang telah berlangsung sebanyak lima kali di pantai itu.

“Pantai Tanjung Setia dipilih sebagai lokasi Krui Pro karena memiliki bentangan ombak hingga 300 meter dan tingginya bisa mencapai tujuh hingga 10 meter,” terangnya.

BACA JUGA:Kasus Stunting di Lampung Barat Turun Menjadi 1.058 Ini Rincian Per Kecamatan

Menurutnya, dengan potensi yang ada itu tidak heran jika setiap tahun banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Kabupaten Pesbar hanya untuk bermain surfing.

“Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Pesbar dalam rentang bulan April hingga Bulan Agustus, hal itu karena pada rentang waktu itu ombak di pesbar sedang bagus-bagusnya untuk bermain surfing,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: