Peserta Didik Baru di Satuan Pendidikan Mulai Ikuti MPLS

Peserta Didik Baru di Satuan Pendidikan Mulai Ikuti MPLS

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Peserta didik baru pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar  (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta di Kabupaten Lampung Barat, mulai mengikuti masa pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS) sejak Senin 17 Juli 2023.

Kasi Kurikulum dan Penilaian pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat Lediyawati, S.Kom., mewakili Kepala Disdikbud Bulki Basri, S.Pd, MM., mengatakan, MPLS sekolah adalah masa pengenalan semua hal yang berhubungan dengan sekolah pada peserta didik baru. 

Di masa MPLS ini peserta didik baru diperkenalkan berbagai hal, mulai dari peraturan, lingkungan, program rutin, metode pembelajaran, guru, dan hal-hal lainnya.

Pelaksanaan MPLS yang dijadwalkan selama tiga hari, kata dia, sangat penting dimana seluruh siswa baru akan mengikuti banyak kegiatan yang edukatif dan menyenangkan, sehingga siswa mampu mengenali ekosistem sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. 

BACA JUGA:Setelah Setahun Bertugas, 16 Dokter Internsip Wahana Faskes Lampung Barat Yudisium

”MPLS diselenggarakan di semua tingkatan sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut dapat mengenalkan antar murid baru dengan kakak kelas ataupun guru yang mengajar,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, MPLS juga dapat mengenalkan komponen sekolah, seperti cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan. 

MPLS merupakan kegiatan yang wajib diikuti dan dilakukan oleh semua siswa baru.

”Melalui kegiatan MPLS siswa juga mengenali potensi diri siswa baru membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, Menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Sebanyak 324 Siswa Baru SMAN 4 Kotabumi Jalani MPLS

Kemudian menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

”Kita berharap semua peserta didik baru bisa mengikuti MPLS dengan sebaik-baiknya, kemudian pihak sekolah juga bisa melaksanakan MPLS  dengan mengacu pada aturan yang berlaku,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: