Santriwati Asal Lampung Barat Raih Juara 3 pada MQKN Nasional

Santriwati Asal Lampung Barat Raih Juara 3 pada MQKN Nasional

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Peserta Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) asal Lampung Barat Neng Yani Nurasiyah Jamil santri Pondok Pesantren Miftahul Huda 407 Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat berhasil meraih Juara 3 pada Cabang Tarikh Ulya Putri yang digelar di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur Senin 17 Juli 2023.

Lampung Barat patut bergembira, pasalnya, salah satu santriwati terbaik yang diutus untuk mengikuti lomba MQKN berhasil hasil yang cukup memuaskan.

MQKN sendiri merupakan ajang perlombaan yang difasilitasi oleh Kementerian Agama untuk membaca dan memahami kandungan ilmu agama Islam yang merujuk pada kitab-kitab keagamaan klasik, atau yang lebih populer disebut dengan kitab kuning. 

Para peserta yang diutus pada perhelatan bergengsi tersebut merupakan santri-santri terbaik dari berbagai pondok pesantren se Indonesia. Maka tidak heran, jika MQKN selalu menarik perhatian banyak pihak. 

BACA JUGA:Wagub Nunik Minta OPD Lebih Meningkatkan Perhatian Terhadap Pelaku UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Kasi PAPKI Kankemenag Lambar Ali Mukhtar mengatakan bahwa dirinya selalu memantau secara virtual selama gelaran perlombaan, termasuk berbagai jenis dan cabang perlombaan yang dilaksanakan. 

Rangkaian Kegiatan MQKN sendiri mulai dari malam pembukaan pada 11 Juli 2023 hingga diumumkannya juara berbagai lomba pada Minggu malam 16 Juli 2023.

"Alhamdulillah Lampung Barat patut berbangga, karena salah satu santri terbaik yang kita utus untuk mengikuti lomba MQKN berhasil meraih prestasi yang cukup memuaskan," ungkap Ali Mukhtar.

Ali menerangkan Kegiatan Musabaqah Qira’atil Kutub ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning.

BACA JUGA:Kecamatan Sekincau Targetkan Lunas PBB Sebelum Deadline

Hal ini sebagai bagian dari proses kaderisasi ulama dan tokoh masyarakat di masa depan, serta terjalinnya silaturahmi antar pesantren seluruh Indonesia untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Rangkaian kegiatan Musabaqah Qira’atil Kutub ini akan ditutup nanti malam, Senin 17 Juli 2023 yang akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: