Memasuki Musim Hujan, Kampung Negeri Agung Gotong Royong Bersihkan Drainase

Memasuki Musim Hujan, Kampung Negeri Agung Gotong Royong Bersihkan Drainase

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Guna menghindarkan warganya dari berbagai penyakit yang kemungkinan muncul memasuki musim penghujan, Kepala Kampung Negeri Agung, Kecamatan Negeri Agung, bersama warganya melakukan gotong royong membersihkan kantor Kampung dan lingkungan Kampung tersebut terutama siring dan drainase pada Minggu 16 Juli 2023.

Kepala Kampung Negeri Agung Maiza Zarwenda, SH, MH., mengatakan, sangat berterima kasih atas antusiasnya masyarakat mengikuti kegiatan gotong royong hari ini selain guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat kegiatan ini juga tentunya bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari adanya penyakit pada saat musim Pancaroba seperti saat ini.

BACA JUGA:Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh dan Mekar Sempurna di Pekon Tebaliokh

“Giat Minggu bersih ini demi kenyamanan & kebersihan lingkungan kantor dan kampung kita, kami mengajak seluruh perangkat kampung, BPK, Linmas & RT menggalakkan kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar sesuai dengan instruksi yang disampaikan Bupati Way Kanan tentunya dengan mengawali dan memberi contoh dengan harapan masyarakat dapat mengikuti agar untuk lebih sadar kebersihan lingkungan masing-masing,” kata Maiza Zarwenda.

Menurutnya, Manfaat positif gotong royong perlu diberdayakan kiranya hal ini dapat diagendakan dan yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka saling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya.

BACA JUGA:Masyarakat Desa Dalam Kawasan Hutan Lampung Sampaikan Aspirasi ke DPD RI

“Apa lagi pada musim penghujan seperti saat ini,gotong royong bertujuan untuk mengantisipasi genangan air yang dapat merusak jalan dan bahu jalan atau membersihkan lingkungan sekitar dan saluran drainase untuk mengantisipasi wabah penyakit di lingkungan Kampung sekitar, terutama genangan air selain bau juga dapat menjadi tempat tumbuh kembang nyamuk,” tutupnya.

Sementara Drs, Hi. Marsidi Hasan, salah satu tokoh masyarakat yang juga Mantan Ketua DPRD Way Kanan and mantan wakil Bupati Way Kanan, meminta apa yang dilakukan oleh Kepala kampungnya itu dapat ditiru oleh Kampung lain yang kerap tertimpa bencana banjir saat musim hujan tiba.

BACA JUGA:Realisasi Pendapatan BLUD di Lampung Barat Capai Rp16,637 Miliar

“Kalau mau bersih bersih Kampung ya sekarang di awal musim hujan, sehingga saat hujan tiba siring dan got sudah bersih dan air bisa mengalir dengan lancar tidak menimbulkan bau dan atau tidak menjadi sarang nyamuk, jangan pas musim hujan bau diperbaiki dan dibersihkan layaknya dikota kota besar, sudah telat,yang banjir sudah kebanjiran, yang nyamuk sudah berkembang biak baru dibersihkan,” ujar Paksu Marsidi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: