DP3AKB Pesisir Barat Memaksimalkan Pembinaan Kelompok UPPKA

DP3AKB Pesisir Barat Memaksimalkan Pembinaan Kelompok UPPKA

UPPKA--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terus memaksimalkan pembinaan terhadap kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Kabupaten setempat.

Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Anak, dan Kesejahteraan Keluarga, Zainul Efendi, S.K.M., mendampingi Kepala DP3AKB Kabupaten Pesbar, dr.Budi Wiyono, M.H., mengatakan, kini jumlah kelompok UPPKA di Kabupaten setempat tercatat sebanyak 36 kelompok tersebar di 11 Kecamatan di negeri para saibatin dan para ulama itu.

BACA JUGA:3.389 Perempuan di Pesisir Barat Jadi Kepala Keluarga

“Kelompok UPPKA merupakan kelompok akseptor KB yang melakukan berbagai kegiatan usaha ekonomis produktif untuk meningkatkan pendapatan keluarga akseptor,” katanya, Jumat 14 Juli 2023.

Dijelaskannya, kelompok akseptor itu anggotanya terdiri dari akseptor KB seperti lestari, aktif dan baru serta pasangan usia subur. 

BACA JUGA:Progres Penyerapan DD Tahap I Pekon Tebaliokh Sudah 100 Persen

Sementara, kelompok UPPKA di Kabupaten Pesbar hingga kini masih terus dilakukan pembinaan setiap bulan melalui tenaga Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), bahkan kini di Pesbar hanya ada beberapa kelompok UPPKA yang aktif.

“Saat ini ada beberapa kelompok UPPKA yang dinilai masih aktif, sedangkan lainnya dinilai belum aktif lagi atau masih vakum. Hal itu salah satunya disebabkan karena masih terkendala dalam permodalan,” jelasnya.

BACA JUGA:Tahun Ini, DTPH Lampung Barat akan Adakan Sekolah Lapang Pengelolaan Sumber Air

Sehingga, kata dia, kegiatan yang ada pada kelompok UPPKA tersebut tidak bisa berjalan efektif dan produktif.

Kedepan tentunya DP3AKB Pesbar berharap pembinaan terhadap kelompok UPPKA itu bisa terus dimaksimalkan, karena memang pembinaan yang memang masih terus berlangsung dilaksanakan setiap tahunnya itu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan pemberdayaan UPPKA.

BACA JUGA:Bangun Negara Gelar Rakor Program Kerja Pemerintahan Pekon

“Sesuai dengan program prioritas saat ini, salah satu program dalam kelompok UPPKA itu yakni program pencegahan dan percepatan penurunan stunting khususnya di Kabupaten Pesbar ini, dan umumnya secara nasional,” ujarnya.

Masih kata dia, di tahun anggaran 2023 ini DP3AKB Pesbar juga akan merealisasikan bantuan berupa dana hibah yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) untuk kelompok UPPKA tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: