Audiensi dengan Pejabat Perpustakaan Nasional RI, Nukman Beberkan Sejumlah Program dan Minta Dukungan

Audiensi dengan Pejabat Perpustakaan Nasional RI, Nukman Beberkan Sejumlah Program dan Minta Dukungan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Syafaruddin, S.Pd, M.Pd.I., serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mazdan, SIP., melakukan audiensi dengan sejumlah pejabat di lingkungan Perpustakaan nasional, bertempat di gedung Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Sel No.11, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Jumat 14 Juli 2023.

Kedatangan Nukman dan rombongan disambut langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, DR. Adin Bondar, M.Si., Direktur Direktorat Standarisasi dan Akreditasi, Drs. Supriyanto, M.Si., serta Direktur Direktorat Deposit dan Pengembangan Koleksi  Perpustakaan Emyati Tangke Lembang, S.Sos.

BACA JUGA:Perbaikan Ruas Jalan Provinsi Lampung Dengan APBN Rp800 Miliar Akan Segera Dimulai

Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut membahas berbagai persoalan yang dihadapi pemerintah daerah, terkhusus menyangkut program yang memerlukan dukungan dari pemerintah pusat dalam hal ini Perpustakaan Nasional sebagai Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian kemudian perpustakaan pelestarian dan pusat jejaring perpustakaan tersebut.

Dikonfirmasi usai melakukan audiensi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lampung Barat Syafaruddin mengungkapkan,  Perpustakaan Umum Lampung Barat telah dinilai sebagai mana Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Kabupaten/Kota, dimana Perpustakaan Kabupaten Lampung Barat  dinyatakan terakreditasi B.   

BACA JUGA:Pekerjaan Pemeliharaan Jalan Merusak Siring, Dinas PUPR Way Kanan Diminta Turun Tangan

”Karenanya sejumlah kendala yang kita hadapi dalam pengembangan perpustakaan di Lampung Barat disampaikan oleh bapak bupati kepada para pejabat Perpustakaan Nasional, dimana diharapkan kedepan ada perhatian dari Perpustakaan Nasional dalam  hal ini pemenuhan sarana dan prasarana yang selama ini menjadi kendala, sehingga kedepannya Perpustakaan Lampung Barat bisa lebih mau,” ungkapnya.

Keseriusan Pemkab Lampung Barat dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, kata dia, juga disampaikan kepada para pejabat perpustakaan nasional.

BACA JUGA:Aplikasi Pendaftaran AUTP Telah Dibuka, DTPH Lampung Barat Imbau Poktan Mendaftar

Dimulai dari terbentuknya pojok baca di tingkat pekon, program-program lainnya hingga terkait telah dikukuhkannya Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi pertama di Provinsi Lampung, di GOR Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Kecamatan Balik Bukit, pada  21 Mei 2018 lalu.

”Tentu kita berharap ada tindak lanjut dari audiensi yang kita laksanakan hari ini, karena memang untuk sarana dan prasarana pendukung  kita dalam upaya pengembangan perpustakaan di Lampung Barat masih kurang, sehingga perlu adanya kolaborasi dari pemerintah daerah dan Perpustakaan Nasional terkait itu,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: