Disdukcapil Lampung Tercatat Layani Lebih dari 50 Ribu IKD

Disdukcapil Lampung Tercatat Layani Lebih dari 50 Ribu IKD

Plh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefullah--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. 

Untuk diketahui aplikasi IKD ini bisa langsung di download melalui PlayStore di smartphone berbasis android. 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 12 Juli 2023, Leo-Capricorn, Belanjakan Uangmu dengan Bijak

IKD merupakan bagian dari inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini digunakan oleh penduduk Indonesia ke dalam handphone baik itu berupa foto, ataupun QR Code. 

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung  Achmad Saefullah menyatakan hingga saat ini tercatat lebih dari 50 ribu pelayanan transformasi IKD, Bagi masyarakat yang berada di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 12 Juli 2023, Aquarius-Cancer, Kendalikan Sikap Perfeksionismu

"Dari 50 ribu lebih pelayanan tersebut tidak semuanya masyarakat yang berdomisili di lampung namun seluruh masyarakat baik dari luar pulau yang tinggal atau bekerja di Lampung," kata Achmad Saefullah, Rabu 12 Juli 2023.

Ia mengatakan untuk target persentase pihaknya mengejar hingga 25% dari angka perekamannya. 

BACA JUGA:Curi Uang dan Barang di Toko Sendiri, Karyawan Alfamart Ini Akhirnya Diciduk Polisi

"Untuk presentasi kita mengejar target sampai akhir tahun 25% dari angka perekaman. Hanya saja banyak yang sudah kita aktifkan taunya pindah. Terus yang kita aktifkan berdasarkan pelayanan karena itu yang bisa di aktifkan untuk seluruh masyarakat yang bukan berdomisili Lampung, sehingga angka pelayanan nya tinggi. Jadi secara pelayanan kita sudah signifikan," terangnya. 

Achmad menambahkan dalam proses pelayanan IKD yang terkadang menjadi hambatan ialah jaringan dari pusat saat sedang mengalami maintenance

BACA JUGA:Kisah Nabi Yusuf AS, Dijadikan Budak Hingga Tokoh Penting di Mesir

"Hal tersebut mengakibatkan adanya kesenggangan waktu dalam proses pelayanan," pungkasnya *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: