Harga Cabai Makin Pedas, Petani Sumringah!

Harga Cabai Makin Pedas, Petani Sumringah!

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga jual cabai di tingkat petani di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat menembus angka Rp27 ribu per kilogram.

Harga ini cukup membantu para petani, mengingat beberapa kali petani di wilayah itu mengalami kerugian akibat harga yang anjlok. 

Kenaikan harga jual ini terjadi sejak pertengahan bulan Juni lalu hingga saat ini. 

Harga yang awalnya Rp16 ribu/kg terus mengalami kenaikan, dan Minggu ini mencapai Rp27 ribu/kg.

BACA JUGA:18 Personil Polres Lampung Barat Naik Pangkat Setingkat Lebih Tinggi

Nanang Aristia Utama, salah seorang petani di Lingkungan Serdang, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit mengaku dengan harga jual yang saat ini Rp27 ribu/kg, itu sudah cukup membantu petani cabai seperti dirinya.

"Alhamdulillah mas, harga jual saat ini Rp27 ribu/kg dari tingkat petani, untuk jenis cabai yang saya tanam cabai merah keriting," ungkap pria lulusan strata satu (S1) Universitas Lampung (Unila) tersebut.

Nanang menjelaskan, luas tanaman cabai miliknya mencapai 7.200 meter persegi atau 18 rantai. 

Untuk hasil panennya sendiri cukup memuaskan, yakni sudah sekitar 2 ton lebih  dari 43 karung hasil panen, hingga panen yang keenam.

BACA JUGA:Pimpin Musrenbang RKP 2024 Pekon Way Petai, Berikut Pesan Camat Sumber Jaya

"Pada putilan pertama, harga jual sekitar 16 ribu/kg, itu terjadi hingga putilan yang keempat, sementara untuk putilan yang kelima dan keenam harga jual sudah Rp26-27 ribu/kg. Alhamdulillah untuk hasil panen sudah 43 karung," ujar Nanang.

Bagi para petani cabai, kata dia, jika tanaman tumbuh dengan normal dan berbuah dengan baik, kemudian harga jual diatas Rp15 ribu/kg maka itu sudah cukup membantu petani. 

"Kalau cabainya tumbuh normal, kemudian harga diatas Rp15 ribu/kg itu sudah membantu untuk perputaran modal selanjutnya, termasuk petani sudah mendapatkan keuntungan dari hasil panen sebelumnya," kata pria yang juga terdaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) PDI Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung Barat I meliputi Kecamatan Balik Bukit, Sukau dan Lumbok Seminung tersebut.

Sementara disinggung soal kendala bagi petani cabai, menurut Nanang, untuk pemasaran cabai merah keriting terbuka lebar, bahkan permintaan pasar cukup tinggi untuk jenis cabai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: