Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Pesisir Barat Meninggal Dunia

Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Pesisir Barat Meninggal Dunia

Ilustrasi Haji-freepik.com@vecstock-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Salah satu jemaah haji asal Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang masuk kelompok terbang (kloter) 57, atas nama Baruslan Bahsir Yahya (70) warga Pekon Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Selatan, meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Rabu 28 Juni 2023  sekitar pukul 19.30 Waktu Arab Saudi (WAS), dan langsung dimakamkan di pemakaman Mala Mekkah. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Hera Rohmawati, S.E, M.M., mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesbar Hi. Helmi, S.Ag, S.Pd, M.M., mengatakan, salah satu jemaah haji Indonesia asal Kabupaten Pesbar atas nama Baruslan Bahsir dinyatakan meninggal dunia oleh Pemerintah Arab Saudi, setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit King Abdul Aziiz, setelah jemaah haji itu telah selesai melaksanakan wukuf.

BACA JUGA:Disbunnak Lampung Barat Temukan Hewan Kurban Mengandung Cacing Hati

“Salah satu jemaah haji yang meninggal itu mengalami sakit dengan diagnosa syok kardiogenik+asiodosis resporatorik setelah melaksanakan kegiatan rangkaian wukuf, dan belum sempat melempar jumroh di Mina,” katanya.

Dijelaskannya, dengan kondisi kesehatan yang tidak stabil, selanjutnya jemaah haji itu dibawa ke Rumah Sakit setempat untuk melakukan pertolongan secara medis. 

BACA JUGA:Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Daging Kurban di Pesisir Barat Dibagikan dengan Besek Bambu

Namun, meski telah dibawa ke Rumah Sakit, kondisi kesehatan jemaah haji itu tidak bisa tertolong dan dinyatakan telah meninggal dunia, dan langsung dimakamkan oleh pihak Pemerintah Arab Saudi.

“Pemakaman jemaah haji yang meninggal itu ditempatkan di pemakaman Mala yang ada di Mekkah. Kami dari kantor Kemenag Pesbar juga mengucapkan turut berduka cita dengan meninggalnya jemaah haji itu,” jelasnya.

BACA JUGA:Pasokan BBM di SPBU Liwa Dipastikan Aman Selama Cuti Bersama Idul Adha

Sementara itu, kata dia, secara umum untuk jemaah haji lainnya kini dalam kondisi sehat dan telah melaksanakan rangkaian kegiatan melempar jumroh, hingga kembali ke tenda masing-masing untuk berdzikir. 

Kemenag Pesbar kembali berharap semua jemaah haji asal Kabupaten Pesbar yang hingga kini masih melaksanakan rangkaian ibadah haji selalu terus diberikan kesehatan.

BACA JUGA:Cepat Panen, Ini 4 Jenis Ternak yang Menjanjikan Keuntungan di Pedesaan

“Kita juga masih terus berkoordinasi dengan Pendamping Haji Daerah maupun Tim Pendamping Haji Indonesia, terkait dengan kondisi kesehatan seluruh jemaah haji kita,” pungkasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: