Mengambil Nafar Awal, Jemaah Haji Kloter 47 JKG akan Bertolak Mekkah, 70 Diantaranya Pilih Nafar Tsani

Mengambil Nafar Awal, Jemaah Haji Kloter 47 JKG akan Bertolak Mekkah, 70 Diantaranya Pilih Nafar Tsani

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagian jemaah haji Kabupaten Lampung Barat kloter 47 JKG telah melaksanakan serangkaian rukun haji di Mina, yakni lempar Jumrah atau lontar Jumrah dan terakhir pada 12 Dzulhijjah di Ula Wustha dan Aqabah.

Selanjutnya jemaah yang mengambil Nafar Awal akan bergerak meninggalkan Mina dan kembali Mekkah pada pukul 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dan kembali ke Hotel Kiswah untuk melaksanakan rangkaian rukun haji lainnya.

BACA JUGA:Verifikasi 'Geopark' Kaldera Suoh, Badan Geologi Kementerian ESDM Turun ke Lampung Barat

"Untuk Nafar Awal dimana jemaah yang mengambil pilihan untuk keluar dari Mina pada 12 Dzulhijjah sebelum terbenamnya matahari, Insha Allah pukul 08.00 WAS jemaah akan diberangkatkan dengan 15 unit bus untuk Maktab 49," ungkap Pendamping Haji Daerah (PHD) Lampung Barat Kloter 49 JKG Ustad Maryadi, melalui pesan WhatsApp, Jumat 30 Juni 2023.

Kemudian, lanjutnya, jamaah yang akan tetap menginap sampai 13 Zulhijah yang disebut Nafar Tsani ada 70 orang.

BACA JUGA:Pesona Pantai Mutun yang Eksotis Jadi Daya Tarik Bagi Wisatawan

Nafar Tsani sendiri akan berakhir pada 13 Zulhijjah, untuk bus dan makan jemaah yang mengambil Nafar Tsani tetap disediakan maktab.

"Untuk Nafar Awal sekembalinya di Mekkah jemaah akan menjalani rukun haji thawaf Ifadah dan sa'i di Masjidil Haram sehingga sudah menyandang gelar haji," ujarnya.

BACA JUGA:Sejumlah Ormas dan LSM di Lampung Barat Belum Cairkan Dana Hibah

Ia juga menginformasikan, bahwa kondisi kesehatan jemaah haji kloter 47 JKG dalam keadaan sehat, bagi jamaah Lanjut Usia (Lansia) Resiko Tinggi (Resti) dan yang sakit bisa dibatalkan atau diwakilkan.

"Alhamdulillah secara umum kondisi kesehatan jemaah baik, meskipun untuk Lansia Resti ada sekitar 11 orang yang berwakil karena memang perjalanan dari tenda Mina ke jamarat jalan kaki sekitar lima kilometer PP atau tiga jam PP," pungkasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: