Petugas Keswan DKPP Pesisir Barat Akan Periksa Hewan Kurban

Petugas Keswan DKPP Pesisir Barat Akan Periksa Hewan Kurban

Ilustrasi pemeriksaan hewan kurban--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mulai hari ini akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah yang akan melaksanakan pemotongan kurban dalam rangka hari raya idul adha 1444 Hijriyah mendatang.

Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, S.Pd., mengatakan menjelang hari raya kurban yang akan dilaksanakan Kamis 29 Juni 2023 mendatang, pihaknya mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban sesuai dengan permintaan masyarakat yang akan melaksanakan pemotongan kurban.

BACA JUGA:Disdag Bandar Lampung Pastikan Harga Bahan Pokok di Pasaran Kembali Normal Usai Idul Adha

“Pemeriksaan yang kita lakukan menjelang penyembelihan hewan kurban itu lebih fokus pada kesehatan hewan dan kondisi fisiknya, hal itu untuk memastikan hewan kurban benar-benar layak dan sehat,” kata dia.

Dijelaskannya, pemeriksaan hewan kurban tersebut lebih difokuskan pada sejumlah kecamatan yang dapat dijangkau oleh petugas kesehatan hewan, seperti Kecamatan Pesisir Tengah, Kecamatan Krui Selatan, Kecamatan Way Krui dan sejumlah kecamatan lainnya.

BACA JUGA:Fraksi PDIP Sebut WTP Ke-9 Pemprov Lampung Tidak Layak

“Pemeriksaan yang kita lakukan menjelang pelaksanaan kurban itu, seperti melihat kondisi kesehatan hewan kurban, memenuhi syarat atau tidak seperti jika ada yang cacat, karena jika cacat tidak bisa dijadikan hewan kurban,” jelasnya.

Sementara itu, pada hari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, tim kesehatan hewan juga akan berkeliling ke wilayah yang bisa dijangkau untuk memeriksa kondisi bagian dalam hewan kurban.

BACA JUGA:Wagub Lampung Nunik Apresiasi Rekomendasi Pansus DPRD Demi Kemajuan Pembangunan

“Pada hari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, kita juga akan melihat langsung organ dalamnya, terutama hati, hal itu untuk mencegah adanya cacing hati yang dikonsumsi masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, jika ada cacing hati, maka pihaknya akan merekomendasikan agar bagian yang terkena cacing hati dimusnahkan, seperti dibakar atau dikubur, hal itu agar tidak sampai dibagikan ke masyarakat.

BACA JUGA:Berikut Rekomendasi Sekolah Terbaik di Bandar Lampung

“Setiap tahun kita memastikan hewan kurban yang disembelih bebas dari cacing hati, jika ada cacing hati maka bisa dimusnahkan agar tidak di konsumsi masyarakat penerima daging kurban,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: