Besok, Festival Budaya Sekala Bekhak ke-9 di Lampung Barat Resmi Dibuka

Besok, Festival Budaya Sekala Bekhak ke-9 di Lampung Barat Resmi Dibuka

Festival Budaya Sekala Bekhak ke 9--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) ke-9 yang digelar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat di Lamban Pancasila komplek pemkab setempat akan resmi dibuka pada Minggu 18 Juni 2023.

Rencananya, festival tersebut akan dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M., yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Ronggur L Tobing, S.I.P, M.Si. 

Acara FBSB ke 9 tersebut juga akan dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah, camat, sejumlah organisasi wanita, serta undangan lainnya.  

Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Endang Guntoro mendampingi Kepala Disporapar Lambar Dahlin mengatakan, FBSB ke 9 akan resmi digelar pada 18-20 Juni mendatang.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 17 Juni 2023, Leo-Capricorn, Fokus ke Tugas Utama

Event yang telah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) tiga kali berturut-turut itu, kata Endang akan tetap menonjolkan kebudayaan khas Lampung Barat diantaranya nyambai, orkes gambus dan sekura karena telah dianggap sebagai identitas kebudayaan asli Bumi Beguai Jejama Sai Betik.

Dijelaskannya, adapun sejumlah rangkaian kegiatan pada FBSB yaitu Festival Kuliner dan Bazar UMKM dilaksanakan tanggal 14 hingga 20 Juni 2023, pesertanya merupakan pelaku kuliner lokal, pelaku kuliner nusantara dan pelaku Ekraf dan UMKM. 

Kemudian, pada Minggu tanggal 18 Juni 2023 akan dilaksanakan pembukaan FBSB, Festival Nyambai dan Festival Orkes Gambus. 

Keesokan harinya, Senin tanggal 19 Juni 2023 akan dilaksanakan Coaching Clinic meliputi kopi, kuliner dan photo product.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 17 Juni 2023, Aquarius-Cancer, Evaluasi Pengeluaranmu

Lalu dilanjutkan Festival Nyambai dan Festival Orkes Gambus.

Kata Endang, untuk peserta Coaching Clinic merupakan para pelaku UMKM dan penggiat Ekraf di Kabupaten Lampung Barat, masing masing sebanyak 30 orang. 

Sementara untuk Festival Nyambai, pesertanya merupakan perwakilan dari pekon, pelajar (Satuan Pendidikan) dan Perangkat Daerah di Kabupaten Lampung Barat.

Sedangkan kegiatan Festival Orkes Gambus untuk peserta merupakan para seniman orkes gambus tradisi dan para pelaku orkes gambus modern di Kabupaten Lampung Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: