Tercampakkan! Icon Adat Lampung Barat Tugu Muli Batin Kondisinya Memudar dan Banyak Rusak

Tercampakkan! Icon Adat Lampung Barat Tugu Muli Batin Kondisinya Memudar dan Banyak Rusak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puncak pas atau rest area di Lampung Barat atau tepatnya berada di Pekon Sindang Pagar, Kecamatan Sumberjaya merupakan salah satu destinasi ikon wisata di kabupaten tersebut.

Restarea yang di bangun Pemkab Lambar era kepemimpinan Bupati Drs Mukhlis Basri M.M, itu menjadi tempat transit/persinggahan favorit para wisatawan lokal maupun para pelintas kendaraan yang akan menuju Kabupaten Pesisir Barat (Krui) yang dikenal dengan jalur Lintas Barat menuju Provinsi Bengkulu. 

Berdiri megah di sana dua ikon yaitu masjid Jami Aminatul Jannah yang berwarna keemasan yang sangat indah dan sedap dipandang dikelilingi indahnya pemandangan di sekitarnya, spot kedua yang juga menambah keindahan rest area puncak pas ini berdiri juga Tugu patung muli batin yang menjadi ciri khas dari budaya Lampung Saibatin.

Di mana tugu itu sendiri menggambarkan seorang muli (putri) raja dan prajurit pengawal dari Raja Paksi Pak Sekala Bekhak yang berdiri kokoh diatas bukit diatas masjid Jami' aminatul Jannah sehingga menambah indah dan mempesona dipandang apalagi dengan dikelilingi bukit barisan di sekitarnya

BACA JUGA:Doa Sebelum Sholat Subuh Agar Jadi Kaya Raya Menurut Syekh Ali Jaber

Namun ada hal yang cukup membuat pemandangan kurang sedap, ketika kita naik keatas berdekatan langsung dengan ke tujuh patung muli tersebut, jika perhatikan dari dekat bahkan mungkin dari kejauhan  terlihat kondisi patung yang ada disana nampak jelas kurang perawatannya, seperti cat mulai memudar bahkan mengelupas atau rontok, kusam.

Suatu hal yang sangat disayangkan  karena tugu patung muli tersebut selain menjadi destinasi wisata yang menarik tapi juga merupakan lambang adat budaya Lampung Saibatin sendiri. 

"Kok tampak seperti kurang terawat atau bisa dikatakan seperti bukan sebuah ikon wisata yang aktif," keluh pengunjung. 

Seperti dikatakan salah satu pengunjung dari Bengkulu yang kebetulan singgah di rest area tersebut sambil bersantai menikmati keindahan puncak pas sempat menyeluruh kepada kepada media ini.

BACA JUGA:Ingat! Jangan Pernah Membunuh 5 Hewan Ini karena akan Berakibat Fatal

"Sayang ya bang, Patung nya ko kayak gak terawat, cat nya pada kusam dan mengelupas dan rontok jadi seakan akan mengurangi keindahan dari patung ini," ujar nya

Hal ini membuat pertanyaan yang cukup menggelitik apakah hal ini luput dari perhatian Pemkab Lambar dan dinas terkait atau memang sengaja tidak ada upaya perbaikannya Karena tidak ada anggarannya.

Semoga pihak Pemkab Lampung barat melalui dinas terkait bisa secepatnya memperhatikan masalah ini sehingga cepat tanggap memperbaiki cat tugu patung muli tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: