Produksi Kopi Menurun, KPM BLT DD di Kubuliku Jaya Diminta Pergunakan Bantuan dengan Baik

Produksi Kopi Menurun, KPM BLT DD di Kubuliku Jaya Diminta Pergunakan Bantuan dengan Baik

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana desa (BLT DD) di Pekon Kubuliku Jaya, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat diminta agar dapat memanfaatkan bantuan yang disalurkan sebaik mungkin, terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok di tengah menurunnya produksi kopi tahun ini.

 

Demikian disampaikan Peratin Kubuliku Jaya, Romlan, saat memimpin penyaluran BLT DD tahap kedua atau periode April, Mei dan Juni 2023 kepada 23 KPM bertempat Balai Pekon setempat, Kamis 8 Juni 2023.

 

BACA JUGA:Stakeholder Berkomitmen Mewujudkan Harmonisasi Gajah-Manusia di Lembah Suoh dan BNS Lampung Barat

Romlan menyebut, meski harga jual buah kopi saat ini terbilang tinggi namun hal tersebut tidak memberikan pengaruh yang besar kepada para petani, karena tidak di imbangi dengan produktivitas kopi yang tahun ini dinilai jauh merosot.

 

“Jadi walaupun harga kopi tinggi, tapi buahnya merosot. Sehingga bagi para penerima bantuan langsung tunai kami berpesan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, belanjakan untuk kebutuhan pokok,” pesan Romlan.

 

BACA JUGA:70 Siswa Siswi MIN 1 Lampung Barat Diwisuda

Romlan menuturkan, penyaluran BLT DD tahun 2023 ini disalurkan  berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 salah satunya di fokuskan untuk bantuan langsung tunai guna mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

 

“Adapun kriteria KPM BLT DD ini diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: