Pekon Margajaya Salurkan BLT DD Tahap ll

Pekon Margajaya Salurkan BLT DD Tahap ll

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Margajaya, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat distribusikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap ll untuk April, Mei dan Juni Kamis 8 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Peratin Heryadi Arnando mengajak masyarakat penerima manfaat (KPM) menggunakan bantuan tunai tersebut sebagai modal pola Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga.

Ini sebagai upaya mengatasi ancaman paceklik panjang karena saat ini buah panen kopi sangat kurang. 

Sementara itu Camat Mat Patoni, S.Ip, M.Si, mengingatkan, agar BLT DD digunakan sehemat mungkin untuk kemandirian ekonomi keluarga.

BACA JUGA:Hindari Calo Pembuatan SIM dan Ini Sanksi Bagi Pengendara Tanpa SIM

Selain untuk bahan pokok pangan, akan lebih baik juga jika bantuan tersebut dimanfaatkan sebagai modal peningkatan ekonomi berbasis keluarga seperti yang digagas oleh peratin.

"Mari gunakan sebaik mungkin bantuan ini sehingga harapan pemerintah bisa tercapai sebagai ketahanan ekonomi keluarga miskin ekstrem dari ancaman resesi,” kata Mat Patoni. 

Pihaknya berharap saat ini semua penerima bantuan langsung atau bansos yang sifatnya Jaringan Pengaman Sosial (JPS) benar-benar sesuai data yang ditentukan dari pekon.

Seperti layaknya BLT DD Diverifikasi di pekon kemudian ditentukan oleh pekon dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang melibatkan semua unsur baik pemerintah kecamatan, pekon dan tokoh masyarakat, sehingga menjadi layak dan akurat.

BACA JUGA:Mantap! Siswa SD-SMP di Lampung Barat Lulus 100 Persen

Dia juga menyampaikan tim pendamping desa saat ini sedang mendampingi aparat pekon melakukan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023.

Menurutnya, pada tahun ini pemutakhirannya lebih mendetail seperti terkait data pekon, data stunting, data rumah tidak teraliri listrik dan rumah tidak layak huni.

Data tersebut kemudian akan diinput oleh pekon ke dalam Web IDM Kemendes.

BACA JUGA:Asyik! Kantong ASN Tebal Nih, Gaji ke-13 Plus TPP di Lampung Barat Cair di Tanggal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: