Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SDN 1 Sukapura Razia Sampah dan Tanam Tanaman Hias di GSG Bung Karno

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SDN 1 Sukapura Razia Sampah dan Tanam Tanaman Hias di GSG Bung Karno

Siswa SDN 1 Sukapura menanam tanaman hias di GSG Bung Karno--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, siswa didik SDN 1 Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat menggelar bakti sosial (baksos) berupa razia sampah dan penanaman tanaman hias dipusatkan di gedung serbaguna Soekarno Kelurahan Tugusari, Selasa (6/6).

Dalam baksos tersebut terlihat para siswa di dampingi dewan guru penuh semangat mengumpulkan sampah yang ada di sekeliling GSG, baik itu yang organik maupun non organik, ada juga yang melakukan penanaman bunga dan tanaman hias lainnya guna memberikan keindahan di lokasi gedung tersebut.

Gerakan baksos yang dilakukan siswa didik bersama dewan guru SD itu tentunya salah satu bentuk nyata dari keseriusan satuan pendidikan tersebut dalam rangka mengikuti penilaian penghargaan Adiwiyata tingkat nasional 2023

Kepala SDN 1 Sukapura Dewi Suryani, S.Pd., menyampaikan, tujuan dan makna dari Adiwiyata mulai tumbuh di jiwa anak-anak. Yakni tertanamnya karakter menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah atau juga fasilitas lainnya 

BACA JUGA:Ciri-ciri Hewan yang Tidak Boleh Dikurbankan

Sehingga menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, agar dikemudian hari warga sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Dewi Suryani yang sebelumnya berhasil mengusung SDN 1 Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu meraih penghargaan adiwiyata nasional, menyampaikan di momentum peringatan hari lingkungan hidup sedunia 

Dirinya dan kepala sekolah, yang mengikuti adiwiyata tingkat provinsi yakni Kepala SD 1 Sekincau Marwiyah, S.Pdi, M.M. berkesempatan diundang stasiun radio terkemuka di Kabupaten Lampung Barat yakni Radio Swara Praja acara talk show. 

Dalam wawancara langsung tersebut para narasumber berkenan menyampaikan terhadap upaya dan langkah-langkah yang selama ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan sekolah adiwiyata. 

BACA JUGA:Ini Doa untuk Menghindari Fitnah

"Di Talk Show tersebut kami ditanya dan menyampaikan tentang apa itu Adiwiyata serta seperti apa dan upaya apa yang dilakukan untuk meraih penghargaan tersebut," terang Dewi.

Sehingga di momentum hari lingkungan hidup sedunia ini, pihaknya berharap seluruh sekolah dari tingkat paling bawah hingga yang atas di Kabupaten Lampung Barat mampu menjadi satuan pendidikan yang memiliki predikat penghargaan Adiwiyata.

Mengingat dalam aplikasinya pada kehidupan sehari-hari Adiwiyata merupakan sarana menumbuhkan pendidikan karakter dan baik untuk tunas bangsa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari lahirnya insan yang peduli dan mencintai lingkungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: