Peringati Hari Lahir Pancasila, Unsur Pimpin Kecamatan Batu Brak Gelar Upacara

Peringati Hari Lahir Pancasila, Unsur Pimpin Kecamatan Batu Brak Gelar Upacara

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat menggelar Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2023 di lapangan kantor Kecamatan setempat, Senin (5/6/2023). 

Upacara itu diikuti para unsur pimpinan kecamatan yakni anggota Koramil 422/07 Batu Brak, Polsek Sekincau, para Kepala UPT/Instansi serta sejumlah peratin yang dipimpin langsung oleh Camat Batu Brak Sutian yang bertindak sebagai inspektur upacara. 

Upacara ini pun diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang sekaligus mendoakan para pahlawan revolusi serta pembacaan teks pancasila serta pembacaan pidato Pj Bupati Lambar yang mengambil tema 'Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi' dan ditutup dengan pembacaan doa bersama.

Dalam menyampaikan pidato Pj Bupati Lambar, Camat Batu Brak Sutian mengatakan upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2023 diharapkan dapat meneguhkan komitmen bersama untuk lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

BACA JUGA:KWT Organik Waras Sakti Diberi Pembinaan P2KP oleh DKP Lampung Barat

"Setiap tanggal 1 juni bangsa indonesia memperingati hari lahirnya pancasila. pancasila lahir ditengah-tengah perjuangan bangsa ini untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. hal ini menunjukkan bahwa sejarah memberi para pendahulu kita pengalaman hidup pahit di bawah kekuasaan kolonial yang menindas. akan tetapi sejarah juga menunjukkan betapa kuatnya daya tahan rakyat indonesia, daya tahan rakyat yang bersatu," ucapnya

Selanjutnya, melalui tema 'Kita pancasila: bersatu, berbagi, berprestasi' ini diharapkan pancasila membuat bangsa ini bersatu, sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa untuk leluasa menikmati kehidupan yang sejahtera, yang memberikan motivasi untuk berbagi, dan menjadikan sumber inspirasi untuk berprestasi sebaik-baiknya.

"Kita sebagai bangsa indonesia patut bersyukur karena para founding fathers negara ini dapat merumuskan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. pancasila tidak lahir secara mendadak di tahun 1945, tetapi melalui proses panjang dan dimatangkan oleh sejarah perjuangan rakyatnya. maka, wajar jika bangsa indonesia memiliki hari bersejarah bernama hari lahirnya pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 juni. oleh sebab itu, tidak salah jika sekarang rakyat indonesia mengenang kembali proses kelahiran tersebut dalam rangka memperingati kelahiran pancasila," jelasnya

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 juni 1945 yang dipidatokan ir. sukarno, piagam jakarta tanggal 22 juni 1945, dan rumusan final pancasila tanggal 18 agustus 1945.

BACA JUGA:Jamaah Haji Lampung Barat Gelombang II Diberangkatkan Jumat

"Cita-cita yang sekarang kita warisi dan kita teruskan.  yaitu, cita-cita untuk sebuah indonesia yang kuat, yang dijalin dari perbedaan agama, etnis, suku, dan daerah. sebuah jalinan yang tidak didominasi oleh salah satu unsurnya. sebuah jalinan yang dirajut bersama-sama," kata dia.

Terusnya, ketahanan bangs semua berkat pancasila, setiap kali bangsa terancam oleh perpecahan dan permusuhan antar golongan, semua selalu mengingat akan dasar bersama kehidupan berbangsa dan bertanah air itu. semangat pancasila selalu menjadi penyelamat. 

"Nama 'pancasila', adalah pemikiran yang tidak ditiru dari buku manapun dan bukan dikarang dari awang-awang. pemikiran itu lahir dari pengalaman sejarah," ungkapnya.

Sehingga, sudah saatnya semua bersama-sama menyusun agenda kebangsaan yang lebih kuat ke masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: