PKBI-KKI Lampung Barat Gelar HKSR Bagi Remaja

PKBI-KKI Lampung Barat Gelar HKSR Bagi Remaja

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat bekerjasama dengan Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat menggelar Orientasi Dasar Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) Bagi Remaja, Sabtu-Minggu (3-4/6/2023).

“Kegiatan Orientasi Dasar Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi Bagi Remaja itu dilaksanakan di kediaman Bapak Mat Nur di Umbul Tuba, Pekon Sukarame, Kecamatan Balik Bukit,” kata Sekretaris PKBI Cabang Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, Minggu (4/6/2023)

Menurut Sandarsyah, kegiatan yang bertemakan “Gerakan Anak Milenial (Geram) : Setetes Air, Sebutir Pasir, Berjuang Untuk Pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi” dibuka oleh Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat, Tono Suparman serta dihadiri Direktur Eksekutif Daerah PKBI Lampung Muhammad Fajar Santoso, Manager Klinik Pratama Ragom Kencana Regina Locita Pratiwi, dan Keluarga Besar Putra Putri Polri Kabupaten Lampung Barat, Novi.

Dijelaskannya, ada 30 remaja sebagai peserta orientasi yang berasal dari Forum Remaja “Surgawi”, Youths Crisis Center Bala Kawula Muda Lampung Barat (YCC BAKAMULABA), Koalisi Muda Kependudukan (KMK), Pojok Kependudukan (Population Corner) SMAN 1 Liwa, remaja berhenti merokok, serta unsur remaja lainnya.

BACA JUGA:PPK Batu Ketulis Tetapkan DPSHP Akhir Sebanyak 9.937 Pemilih

Adapun narasumber berasal dari PKBI Daerah Lampung, Sentra Kawula Muda (SKALA) PKBI Lampung, PKBI Cabang Lampung Barat, dan Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat. 

Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan (kognitif, afektif, dan psikomotorik) remaja mengenai HKSR, serta meningkatkan kompetisi remaja dalam hal HKSR melalui penyuluhan, tutorial maupun pendampingan. 

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mengetahui dan memahami konsep dasar HKSR, serta mempraktekkan dan menyebar luaskan kepada teman sebaya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya,” tegasnya.

Lanjut dia, ada beberapa materi yang disampaikan pada orientasi ini yaitu, Ke-PKBI-an, Kesehatan Reproduksi Remaja, Seksualitas Remaja-Orientasi Seksual-Identitas Gender dan tubuh, Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja, Nilai Kesehatan Reproduksi, serta Pemuda dan Literasi.

BACA JUGA:Doa Sore Hari yang Selalu Dibaca Rasulullah SAW, Insya Allah Selamat Dunia-Akhirat

Seperti kita ketahui kelompok usia remaja merupakan aset atau modal utama sumber daya manusia bagi pembangunan di masa depan. Remaja yang berkualitas akan memegang peranan penting dalam mencapai kelangsungan serta keberhasilan pembangunan.

Dalam perkembangannya remaja harus beradaptasi dengan perubahan fisik dan psikologis yang dialami. 

Dalam upaya mencari identitas diri, remaja beresiko untuk terlibat pada perilaku yang membahayakan kesehatan dan masa depannya. 

Derasnya arus globalisasi yang melanda berbagai sektor dan sendi kehidupan, serta tuntutan pada remaja dan kaum muda untuk memperpanjang masa absentia untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi dan pekerjaan yang lebih baik, maka meningkat pula permasalahan Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja (KSRR) yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: