Sukseskan Sensus Pertanian, BPS Lampung Barat Gelar Apel Siaga

Sukseskan Sensus Pertanian, BPS Lampung Barat Gelar Apel Siaga

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk menandai segera dilaksanakannya Sensus Pertanian 2023 (ST2023), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 di Halaman Kantor BPS setempat, Rabu (31/5/2023). 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakapolres Kabupaten Lampung Barat Kompol Robi B Wicaksono, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Nata Djudin Amran, Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maidar, Kepala Dinas Kominfo Munandar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Syafarudin, Pegawai BPS, serta undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring mengatakan, apel siaga tersebut merupakan gerakan moral untuk memotivasi semangat seluruh jajaran BPS dan seluruh petugas ST2023 agar dapat melaksanakan sensus dengan penuh rasa tanggungjawab serta amanah, sehingga menghasilkan data pertanian yang berkualitas.

BACA JUGA:Korban Kebakaran Terima Bantuan Sosial dan Perbaikan Rumah dari Pemkab Pesisir Barat

Oleh karena itu, dirinya berharap, petugas ST2023 dapat mengumpulkan data pertanian yang akurat. 

Sebab dikatakannya, salah satu tujuan ST2023 adalah untuk menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini.

Ia berpesan kepada petugas ST2023 agar berhati-hati dalam melakukan pendataan sensus pertanian.

"Saya berpesan kepada petugas agar hati hati dalam melakukan pendataan, jika datanya yang diambil sampah (data asal-asalan) maka nanti hasilnya juga sampah dan ini nanti akan berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan oleh pemerintah, jadi petugas harus benar benar melakukan pendataan sesuai dengan data ril di lapangan," tegas Wasisno.

BACA JUGA:Riana Sari Hadiri Acara HUT dan Raker BKOW Provinsi Lampung

Lanjut dia, data hasil sensus pertanian ini sangat penting dalam pengambilan kebijakan terkait dengan kondisi pertanian saat ini di Kabupaten Lampung Barat. 

"Jadi petugas harus berhati hati dalam melakukan pendataan," ujar dia.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Lampung Barat, Nasrullah Arsyad menjelaskan bahwa kegiatan apel siaga tersebut guna memastikan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas penting dengan penuh tanggungjawab. 

Dijelaskannya, sesuai amanat UU No 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Rekomendasi dari Badan Pangan Dunia (FAO), setiap negara harus menyelenggarakan Sensus Pertanian minimal 10 tahun sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: