Berikut Do'a Walimatussafar Arti Sampai Hukumnya

Berikut Do'a Walimatussafar Arti Sampai Hukumnya

Ilustrasi-tangkapan layar-

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Latin: Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya: "Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan dimanapun kau berada."

 

Hukum Mengadakan Walimatussafar 

Tujuan diadakannya walimatus safar adalah agar para jamaah haji selalu diberikan kesehatan dan kelancaran saat menjalankan ibadah haji. Lantas, apakah umat muslim wajib melaksanakan walimatus safar jika hendak berangkat haji?

Di dalam buku 100+ Kesalahan dalam Haji & Umrah tulisan Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar dan Hj. Indriya R. Dani, dijelaskan bahwa walimatussafar haji memiliki hukum sunnah. Dengan begitu, apabila dilaksanakan maka akan mendapatkan pahala, lalu jika ditinggalkan tidak mendapat dosa.

Pahala yang didapat dari walimatussafar haji adalah dengan membaca sejumlah ayat suci Al-Quran, melantunkan sholawat, dan membacakan doa. Dengan melaksanakan kegiatan tersebut, tandanya jemaah haji sudah siap dan niat kepada Allah SWT untuk menjalankan ibadah sesuai rukun islam yang terakhir.

Rasulullah SAW bersabda, dengan selalu membaca Al-Quran dan berkumpul di dalam majelis ilmu, maka tak hanya menambah ilmu saja tetapi juga mendulang pahala dan keberkahan yang banyak.

"Umat muslim yang berkumpul di suatu majelis membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an Al-Karim dan mengadakan majelis ilmu, Allah akan menurunkan rahmat kepada mereka." (HR Muslim)

BACA JUGA:Segini Besaran Gaji Ke-13 yang akan Diterima Masing-masing ASN

Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad SAW bersabda kepada seorang laki-laki yang akan melakukan perjalanan jauh (bermusafir). Rasulullah SAW mengatakan semoga engkau selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT di mana pun kamu berada.

فِيْ حِفْظِ اللهِ وَكَنفِهِ وَزَوَّدَكَ اللَهَ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَوَجَّهَكَ لِلْخَيْرِ أَيْنَمَا كُنْتَ

Latin: Fi hifzhillahi wa fi kanafihi wa zawwadakallahuttaqwa wa ghafara dzanbaka wawajjahaka ilal-khairi haitsu kunta wa ainama kunta.

Artinya: "Semoga engkau dalam pemeliharaan dan perlindungan Allah SWT dan semoga Allah SWT memberikan perbekalan takwa kepadamu, mengampuni dosa-dosamu, dan membimbingmu kepada kebaikan dimanapun engkau berada."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: