FBSB ke-9 akan Digelar Pertengahan Juni, Saksikan Kemeriahannya !

FBSB ke-9 akan Digelar Pertengahan Juni, Saksikan Kemeriahannya !

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) Ke-9 Tahun 2023 akan digelar di area Lamban Budaya Pancasila komplek perkantoran pemkab Lampung Barat, yang dijadwalkan 18 - 20 Juni 2023 mendatang.

FBSB tahun 2023 adalah tahun ke-3 sejak terpilih masuk dalam program Karisma Event Nusantara (calender of event) nasional, yang terpilih dari ribuan event di nusantara dan masuk dalam 110 event hasil kurasi dari dewan kurator sebagai event yang direkomendasikan oleh Kemenparekraf RI yang sangat layak untuk dikunjungi.

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Endang Guntoro, SH., mengatakan, FBSB ke-9 akan digelar secara sederhana namun tetap bermakna dalam content-content antara lain Festival Kuliner ‘Sekala Bekhak Foodies’ akan menyajikan makanan nusantara, dan makanan tradisional khas Lampung, jajanan-jajanan kekinian pun akan hadir di acara tersebut.

Untuk kegiatannya dihelat mulai tanggal 14 sampai dengan 20 Juni 2023, yang unik bahwa untuk masuk dalam area Festival Kuliner, pengunjung wajib mengenakan kain khas Lampung Barat ‘selindang miwang’ diperbolehkan membawa dari rumah atau sewa di gate masuk, sewanya tidak mahal, hanya berkisar Rp3 ribuan saja.

BACA JUGA:Jelang Tahun Politik, Pj Bupati Lampung Barat Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

Kemudian, Festival Nyambai, orkes gambus, sampai saat ini pihaknya masih mencari sponsor yang akan mensupport hadiah dari penyelenggaraan festival nyambai, jika sampai H-10 kita belum mendapatkan sponsor untuk hadiah maka festival nyambai akan kita gelar sebagai eksebisi saja (tidak dilombakan), dan akan diisi oleh beberapa group penampil saja, rencananya akan digelar 18-20 Juni 2023.

”Coaching Clinic Kuliner, Kopi dan Foto Produk, content ini kita berharap akan lebih memberikan pengetahuan baru kepada para penggiat ekraf dan UMKM di sektor Kuliner, Kopi dan produk-produk andalan, akan kita datangkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, akan digelar pada tanggal 19 Juni 2023,” ujarnya.

Selanjutnya, Ngelemang Bebakhong, ngelemang merupakan tradisi masyarakat sekala bekhak yang biasa dilakukan menjelang hari-hari besar, akan kita gelar bersama dan akan dikompetisikan antar pekon dalam wilayah Balik Bukit dan Batu Brak, kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Bank Lampung Cabang Liwa, digelar pada tanggal 20 Juni 2023.

”Beberapa waktu lalu juga teman-teman penggiat Wedding (Dekorasi Pernikahan), telah melakukan koordinasi dengan kami, mereka ingin menampilkan sajian supporting event yaitu Wedding Expo khas Sekala Bekhak, namun kegiatan ini belum fix apakah akan digelar atau tidak oleh mereka, semoga juga bisa digelar,” bebernya.

BACA JUGA:Manfaatkan Momen Pembagian BLT DD, Puskesmas Batu Brak Berikan Pelayanan Kesehatan Lansia

Selanjutnya, puncak kegiatan pada tanggal 20 Juni 2023, akan diisi oleh para seniman kebanggaan Lampung Barat, antara lain dari Sanggar Seni Stiwang kolaborasi dengan Seniman Muda Berbakat M Randi Dimas Prayoga dalam sajian Tari dan Musik bertajuk "Sekura the Mask of Nation" serta akan diisi dengan hiburan tradisional Nyambai dan Orkes Gambus Tradisi dan Modern.

”Kami sangat berharap ada dukungan dari sponsor-sponsor (pihak ketiga), kami membuka ruang seluas-luasnya untuk mari kita bersama meramaikan dan mensukseskan kegiatan ini, sebagai kebanggaan kita bersama, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang dengan ikhlas telah menyatakan dukungan terhadap kegiatan Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-9 Tahun ini,” imbuhnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: