PJS Sumsel Selenggarakan UKW Angkatan I

PJS Sumsel Selenggarakan UKW Angkatan I

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk meningkatkan  kualitas dan profesionalitas para anggota, Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan I dengan menggandeng lembaga uji UPN-Veteran Yogyakarta, yang berlangsung di Muara Enim Sumatera Selatan, (29-30 Mei 2023) di Aula Bappeda Muara Enim. 

Penyelenggaraan UKW perdana ini dihadiri oleh Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemda Muara Enim serta tamu undangan lain. 

Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi menyambut baik penyelenggaraan UKW yang dimotori PJS. Sebab, wartawan harus dibekali ilmu formal dan ilmu non formal serta harus berkarakter.

Hal ini mengingat pentingnya peran jurnalis dalam perkembangan suatu negara dan daerah. 

BACA JUGA:Hari ini, Para Jemaah Haji Kunjungi Sejumlah Tempat Bersejarah

"Stabilitas satu negara dan daerah itu terletak ditangan wartawan untuk itu pandai-pandai lah memilih, tidak hanya berkata tapi juga kata- katanya," ujar Ahmad Usmarwi yang mengaku pernah mempelajari dunia jurnalistik saat menempuh ilmu di negeri Ratu Elizabeth. 

Pada kesempatan itu Ketua Umum DPP PJS Mahmud Marhaba mengatakan ini merupakan penyelenggaraan UKW Perdana dikalangan PJS yang sesuai visi PJS untuk menjadikan wartawan kompeten. 

"Kami berharap agar wartawan di lingkungan PJS bisa menjadi wartawan kompeten dan profesional sehingga tidak lagi dilabeli sebagai wartawan abal-abal atau wartawan bodrex," ungkap Mahmud.

Sebagai orang yang dipercayakan menahkodai PJS di tanah air, Mahmud sangat mendukung apa yang menjadi pernyataan Pj Bupati agar wartawan memiliki integritas yang tinggi dan bukan menjadi alat pressure orang lain.

BACA JUGA:Proyek Mangkrak! Warga Kembahang Desak Pihak BPJN Tuntaskan Pembangunan Resapan Biopori

"Harapan Bupati sangat sejalan dengan visi PJS yakni mewujudkan wartawan berintegritas. Disinilah peran PJS agar apa yang diharapkan pemerintah dan masyarakat diwujudkan di PJS meski akan dilakukan secara bertahap," ungkap Mahmud yang juga merupakan penguji UKW di UPN Yogyakarta. 

Sementara itu, DR. Agung Prabowo, M.Si dalam sambutannya selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip UPN Yogyakarta mendukung penuh apa yang dilakukan oleh PJS dalam mengembangkan SDM wartawan di lingkungan PJS melalui uji kompetensi wartawan.

Dirinya berharap akan lahir wartawan kompeten yang menjunjung tinggi proses lahirnya produk jurnalistik yang baik dan benar.

"Tidak cukup dengan hasil yang baik, namun yang lebih utama adalah bagaimana proses lahirnya karya jurnalistik dengan mengedepankan etika dan menaati Kode Etik Jurnalistik," ungkap Agung Prabowo yang juga merupakan penguji UKW dari UPN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: