Pemkab Pesbar Gelar Diseminasi Audit Kasus Stunting

Pemkab Pesbar Gelar Diseminasi Audit Kasus Stunting

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) melaksanakan kegiatan diseminasi audit kasus stunting yang dilaksanakan di aula Villa Desa, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (24/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pesbar, Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Kadis P3AKB dr. Budi Wiyono, M.H., perwakilan OPD terkait, camat, TP-PKK Pesbar dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pesbar.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Zulqoini Syarif menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya atas terselenggaranya acara desiminasi audit kasus stunting tahap dua dengan lokus kecamatan ngambur, dimana yang tahap satu telah kita laksanakan di Kecamatan Karya Penggawa.

“Persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional dan kabupaten pesisir barat menjadi salah satu kabupaten prioritas, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia,” kata dia.

BACA JUGA:Lewat Coffee Morning Agus Istiqlal Ajak Pers Sukseskan Krui Pro

Dijelaskannya, stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. 

Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang di bawah rata- rata dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk.

“Audit kasus stunting adalah kegiatan untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa dengan melibatkan TPPS,” jelasnya.

Dikatakannya, TPPS merupakan organisasi percepatan penurunan stunting yang bertugas mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting.

BACA JUGA:Pencegahan LSD, Pemkot Bandar Lampung Ajukan Vaksin LSD ke Pemprov Lampung

“Selain itu, TPPS menjadi forum pelaksana aksi konvergensi lintas sektor yg bertugas melaksanakan konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah dan desa serta peran serta pemangku kepentingan,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada tim audit Kabupaten Pesbar atas kerja sama dan dukungannya, dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting selama ini.

“Saya berharap, kerja sama ini dapat terus di bangun dan semakin dikuatkan, untuk mewujudkan pesisir barat bebas stunting,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: