DP3AKB Pesbar Gelar Pelayanan KB Keliling

DP3AKB Pesbar Gelar Pelayanan KB Keliling

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) serta memperingati hari bidan Internasional, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) menggelar kegiatan pelayanan KB keliling yang dipusatkan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten setempat sejak Selasa (23/5/2023) hingga Rabu (7/6/2023) mendatang.

Kabid Keluarga Berencana, Siti Yunani, S.T., mendampingi kepala DP3AKB Kabupaten Pesbar, dr.Budi Wiyono, M.H., mengatakan, kegiatan pelayanan KB yang dilaksanakan itu juga sebagai upaya untuk peningkatan kesertaan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), serta meningkatkan cakupan Akseptor KB baru dan KB aktif.

BACA JUGA:Tujuh Peratin di Lambar 'Nyaleg', Berikut Nama dan Parpol Pengusung

“Dengan adanya pelayanan KB secara gratis tersebut, diharapkan benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal oleh masyarakat,” kata Siti, Rabu (24/5/2023).

Untuk itu, kata dia, seluruh penyuluh KB yang ada di setiap Pekon dan Kecamatan se-Kabupaten Pesbar ini dapat berkoordinasi dengan UPTD Puskesmas, serta memberitahukan peratin agar dapat menugaskan PPKBD dan Sub PPKB agar menyiapkan dan mengantarkan calon akseptor ke pelayanan KB di wilayahnya masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Sejarah ORIDA Lampung, Menelusuri Jejak Uang Kuno Berharga yang Nyaris Terlupakan

“Seperti pada Selasa (23/5/2023) dalam pelayanan KB tersebut kita pusatkan di Kecamatan Pesisir Tengah dan Krui Selatan dengan tempat pelayanan di masing-masing Puskesmas,” jelasnya.

Kemudian, kata dia, pada Rabu (24/5/2023) dipusatkan di Kecamatan Karya Penggawa dan Way Krui. Selanjutnya, Kamis (25/5/2023) dipusatkan di Kecamatan Pesisir Selatan dan Ngambur. Lalu, pada Jumat (26/5/2023) pelayanan KB dipusatkan di Kecamatan Ngaras dan Bangkunat, serta

BACA JUGA:15 Negara Termiskin di Dunia: Ketimpangan Ekonomi yang Menyayat Hati

Selasa (6/6/2023) dipusatkan di Kecamatan Lemong dan Pesisir Utara, dan terakhir di Kecamatan Pulau Pisang akan dilaksanakan pada Rabu (7/6/2023) mendatang.

“Semua target dalam pelayanan KB tersebut keseluruhan untuk alat kontrasepsi jenis Implat sebanyak 280 akseptor, dan IUD sebanyak 42 akseptor. Tentu kita berharap dalam pelayanan KB di setiap Kecamatan. itu tidak ada kendala dan mencapai target yang diharapkan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: