26 KPM di Bangun Negara Terima BLT DD Tiga Bulan

26 KPM di Bangun Negara Terima BLT DD Tiga Bulan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Bangun Negara Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2023 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tiga bulan yakni Januari, Februari dan Maret 2023, di GSG Pekon setempat, Senin (22/5/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Peratin Bangun Negara, Ahmad Kahfi, perwakilan Pemerintahan Kecamatan Pesisir Selatan, Pendamping Desa, Lembaga Himpun Pekon (LHP), Uspika, aparatur Pekon serta pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Peratin Bangun Negara, Ahmad Kahfi, mengatakan, BLT yang bersumber dari anggaran DD tahun 2023 di Pekon ini memang baru bisa disalurkan. 

Hal tersebut salah satunya karena memang ada keterlambatan dalam pencairan anggaran dana desa untuk tahap pertama khususnya di Pekon Bangun Negara ini. 

BACA JUGA:PPK Way Tenong Imbau Warga Berperan Pada Penyusunan DPSHP Pemilu 2024

Meski begitu, saat ini sebanyak 26 KPM telah menerima BLT DD tahap pertama untuk tiga bulan yakni Januari-Maret.

“Masing-masing KPM mendapat BLT DD selama tiga bulan itu dengan total sebesar Rp900 ribu, karena memang besaran BLT DD untuk satu bulan itu sebesar Rp300 ribu/KPM,” katanya.

Dijelaskannya, dalam penyaluran BLT DD tahun 2023 ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk itu diharapkan agar masyarakat dapat memahaminya, karena di tahun ini untuk BLT DD juga dibatasi yakni minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen dari pagu dana desa. 

Persentase BLT DD itu juga diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No.201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023.

BACA JUGA:Tiga Sekolah di Lambar Dilakukan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi

“Termasuk peraturan lainnya yang berdampak pada pengurangan jumlah KPM yang mendapat BLT DD tersebut, yang pasti salah satu kriterianya untuk masyarakat dalam hal ini yang mengalami kemiskinan ekstrim, maupun kriteria lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak-pihak terkait yang telah mendukung dalam kegiatan penyaluran BLT DD untuk tahap pertama ini, dan mudah-mudahan dalam penyaluran tahap berikutnya juga diharapkan tidak terkendala dan secepatnya bisa kembali terealisasi. 

Selain itu juga diharapkan kepada KPM agar benar-benar memanfaatkan BLT yang telah diterima itu dengan baik dan maksimal, sesuai dengan kebutuhan yang diprioritaskan oleh KPM itu sendiri.

“Jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, karena ini juga merupakan harapan dari pemerintah baik pusat, daerah hingga Pekon, dengan begitu BLT yang disalurkan tersebut bisa membantu dan meringankan beban kebutuhan masyarakat dalam hal ini KPM,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: