Berikut Perjalanan Uang Rupiah Pertama Kali di Indonesia

Berikut Perjalanan Uang Rupiah Pertama Kali di Indonesia

Foto Dok--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dilansir dari beberapa sumber terpercaya uang rupiah pertama di Indonesia muncul saat awal negara berdiri. 

Pada masa dijajah sebelum Republik Indonesia merdeka masyarakat mata uang Belanda, Gulden untuk melakukan transaksi. 

Di Indonesia mengenal gun pyo atau uang militer sebagai uang invasi pada saat Jepang berhasil menduduki Indonesia tahun 1942. 

Ketika Indonesia merdeka, kemudian Belanda datang menarik uang Jepang kemudian digantikan Netherlands Indies Civil Administration (NICA).

BACA JUGA:Anak Tega Marahi dan Bentak-bentak Ayah di Acara Wisuda

Namun selanjutnya tidak mau dijajah kembali, pada 2 Oktober 1945, Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno kemudian mengeluarkan maklumat pelarangan mengedarkan dan menggunakan uang NICA.

Digantikan beberapa mata uang yang sah yakni De Javasche Bank, De Japansche Regeering, Dai Nippon, dan Dai Nippon Teikoku Seihu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di beberapa sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menertibkan uang pertama pada tahun 1946.

Uang tersebut yakni Oeang Republik Indonesia (ORI) 1946 dan diedarkan pada 30 Oktober 1946 walaupun  pada penerbitan pertama, tanggal yang dicantumkan yaitu 17 Oktober 1945.

Penyebaran  ORI dibantu oleh beberapa tokoh daerah yang mengizinkan tiap daerah mengeluarkan uang sendiri. 

Pada saat itu, pemerintah pun menyetujui adanya ORI daerah (ORIDA) sehingga pada masa itu terdapat 21 jenis mata uang dan 27 jenis ORIDA di Indonesia.

BACA JUGA:Tim Patroli Polresta Bandar Lampung Mengamankan 16 Remaja yang Diduga Hendak Tawuran

Kemudian tanda sah uang tersebut bertanda ORIDA terdapat bon, Surat Tanda Penerimaan Uang, Tanda Pembayaran yang Sah dan ORIDA dalam bentuk Mandat. 

Meski demikian, ORI dan ORIDA hanya berlaku hingga 1 Januari 1950 dan dilanjutkan dengan penerbitan uang Republik Indonesia Serikat (RIS). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: