Jelang Pemberangkatan CJH, Ketua Regu dan Ketua Rombongan Jemaah Haji Diberi Pembekalan

Jelang Pemberangkatan CJH, Ketua Regu dan Ketua Rombongan Jemaah Haji Diberi Pembekalan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Para Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) jemaah haji untuk Kloter 9 Embarkasi JKG asal Kabupaten Lampung Barat telah diberi pembekalan menjelang keberangkatan calon jemaah haji (CJH) yang dilaksanakan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Lampung secara virtual.

Pembekalan dilakukan agar dalam pelaksanaan ibadah haji, para ketua regu dan ketua Rombongan dapat memberikan pendampingan maksimal selama ibadah haji.

Kasubbag TU pada Kantor Kementerian Agama Lambar Miftahus Surur, S.Ag., M.Si didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Drs. Hi Pirdaus Sablie mengatakan pembekalan ini mengingat karu dan karom mengemban tugas dan tanggungjawab untuk mengkondisikan banyak jemaah dengan latar belakang usia dan pendidikan yang beragam sehingga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Usai pembekalan yang disampaikan langsung oleh Kabid PHU H. Ansori, maka Kasubbag TU Miftahus Surur mengajak para Karu dan Karom yang akan mendampingi para Jemaah Haji untuk mentaati berbagai macam anjuran yang telah disampaikan oleh Kabid PHU.

BACA JUGA:Polri Tiadakan Razia, Tapi Jika Tertangkap Melanggar Lalulintas Langsung Ditindak

Salah satu penekanannya adalah agar Karu dan Karom dapat memimpin jemaah sehingga dapat mengikuti ibadah haji dengan baik.

"Ketua Regu dan ketua rombongan merupakan jemaah haji yang bertugas membantu pelaksanaan ibadah haji dalam pelayanan umum, ibadah, dan kesehatan. Selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, para Karu dan Karom ini berperan penting dan sangat membantu para petugas kloter. Oleh sebab itu, mereka juga perlu dibekali agar mengerti semua aturan dan mekanisme yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Karu dan Karom merupakan ujung tombak yang sangat vital bagi keberhasilan pelaksanaan jemaah dalam berbagai tahapan ibadah haji.

“Terlebih lagi berhadapan langsung untuk melayani tamu-tamu Allah di masing-masing regu dan rombongannya selama pemberangkatan hingga kepulangan jamaah haji,” jelasnya.

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 53 Telah Dibuka, Ayo Daftar Sekarang!

Para karu dan Karom tersebut nantinya bertanggung jawab kepada semua jemaah haji Kab. Lambar yang terhimpun dalam beberapa kloter. 

Seperti diketahui jumlah CJH ada 658 jemaah haji, jumlah tersebut relatif sangat besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kegiatan pembekalan Karu dan Karom ini diharapkan mampu menjadi sarana koordinasi yang baik mengenai tugas dan fungsi para Karu dan Karom dalam mengemban amanah,” tegasnya.

BACA JUGA:Persiapan Ibadah Haji, Lakukan Hal Ini Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: