Persiapan Ibadah Haji, Lakukan Hal Ini Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Persiapan Ibadah Haji, Lakukan Hal Ini Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Ilustrasi Haji-pixabay.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Calon jemaah haji (CJH) dalam kloter pertama akan memasuki asrama haji pada hari Selasa, 23 Mei 2023, dan akan terbang ke Arab Saudi keesokan harinya. 

Sebelum berangkat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, haji merupakan ibadah yang memerlukan kekuatan mental dan fisik yang kuat.

Sebelum keberangkatan, calon jemaah haji dapat melakukan beberapa hal yang telah dilansir oleh Mui.or.id. 

Pertama, mereka perlu memperbanyak istighfar dan memohon ampunan Allah SWT. Jangan lupa untuk tetap rutin berdzikir dan berdoa. Selain itu, bertaubatlah dan mohonlah bimbingan dari Allah SWT.

BACA JUGA:5 Tanda Allah Sayang Kepada Hambanya

Kemudian, calon jemaah haji juga perlu menyelesaikan segala masalah yang berkaitan dengan tanggung jawab terhadap keluarga, termasuk pekerjaan dan hutang piutang.

Selain itu, sangat penting untuk tetap menjalin silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat. Jangan lupa juga untuk memohon maaf dan meminta doa restu.

Selanjutnya, biasakanlah menerapkan pola hidup sehat agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar. 

Calon jemaah haji juga disarankan untuk mempelajari manasik atau tata cara pelaksanaan ibadah haji yang disesuaikan dengan ketentuan hukum Islam.

BACA JUGA:Uang Kuno Seri Wayang 1938 Berharga Miliaran

Terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, sebanyak 489 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi telah diberangkatkan pada hari Sabtu, 20 Mei 2023. 

Rinciannya, terdapat 100 petugas haji di daerah kerja bandara, 248 orang petugas haji di daerah kerja Madinah, 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, dan 129 tenaga kesehatan.

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief, mengungkapkan bahwa untuk musim haji 2023, sekitar empat ribu petugas telah diterjunkan untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji. 

Mereka berasal dari berbagai sektor, termasuk bidang kesehatan. Rekrutan petugas penyelenggara ibadah haji Arab Saudi ini berasal dari unsur pemerintah dan masyarakat sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: