Hadiri Musrenbangnas-Expo PPD 2023, Pemkab Lambar Tampilkan Sekolah Kopi dan Produk UMKM

Hadiri Musrenbangnas-Expo PPD 2023, Pemkab Lambar Tampilkan Sekolah Kopi dan Produk UMKM

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si bersama jajaran menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2024 sekaligus penyelenggaraan Expo Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2023). 

Acara Musrenbangnas itu secara resmi oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin

“Iya, kita diundang untuk menghadiri Musrenbangnas sekaligus Expo Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang digelar di Jakarta Convention Centre,” ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Lambar Agustanto Basmar, Selasa (16/5/2023).

BACA JUGA:Tinjau Pelaksanaan Ujian Sekolah, Camat Sri Motivasi Siswa Raih Nilai Terbaik

Dikatakan Agustanto, acara tersebut bertajuk “Indonesia Emas 2045” yang meliputi Penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) RKP Tahun 2024 yang merupakan RKP tahun terakhir periode RPJMN 2020-2024 dan juga sebagai landasan bagi RPJPN 2025-2045. 

Serta Peluncuran Rancangan Awal RPJPN 2025-2045 untuk dikonsultasikan kepada publik dengan tema “Indonesia Emas 2045” yang akan menjadi landasan/acuan pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia, dan peluncuran proyeksi penduduk 2020-2050 yang merupakan kolaborasi Kementerian PPN/Bappenas dengan Badan Pusat Statistik (BPS)

Masih kata dia, pada saat bersamaan Kementerian PPN/Bappenas juga menggelar Expo PPD 2023 dan adapun tujuan pelaksanaan Expo PPD 2023 yaitu antara lain memberi kesempatan provinsi, kabupaten, dan kota terbaik menampilkan good practices. 

Lalu menginspirasi provinsi, kabupaten, dan kota yang bersemangat untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi serta Mendorong stakeholders kolaborasi untuk pembangunan yang lebih berkualitas, melalui scale up dan replikasi.

BACA JUGA:Buka Manasik Haji, Begini Pesan Pj Bupati Pringsewu ke Calon Jemaah Haji

Disinggung apa saja yang ditampilkan oleh Pemkab Lambar pada acara Expo PPD 2023, Agustanto mengungkapkan, Kabupaten Lampung Barat menampilkan Sekolah Kopi yang menjadi Inovasi Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah, seperti menampilkan profil, aktivitas, produk sekolah kopi dan produk UMKM binaan sekolah kopi. 

“Melalui Expo ini kita dapat menunjukkan Best Practice atau contoh karya yang bisa ditiru oleh daerah lain, serta produk unggulan Lambar Kopi Robusta semakin dikenal dan mampu mensejahterakan para petani dan UMKM,” pungkas Agustanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: