Tercatat 33 Warga Lambar Bekerja Keluar Negeri

Tercatat 33 Warga Lambar Bekerja Keluar Negeri

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.JD - Bagian Sumberdaya Daya Alam (SDA) dan Tenaga Kerja Setdakab Lampung Barat (Lambar) mencatat dari Januari hingga pertengahan Mei tahun 2023, terdapat 33 warga Lambar yang mengurus rekomendasi untuk bekerja keluar negeri menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Dari awal tahun 2023 hingga saat ini sudah ada 33 orang yang mengurus rekomendasi untuk bekerja keluar negeri. Mayoritas berasal dari Kecamatan Pagar Dewa,” ungkap Kabag SDA dan Tenaga Kerja Sri Wiyatmi, Selasa (16/5/2023).

BACA JUGA:Dua Guru Asal Filipina Magang di SMAN 1 Liwa Selama Satu Bulan

Dijelaskannya, rata rata yang meminta rekomendasi untuk bekerja keluar negeri itu usianya masih muda dan alasan mereka karena faktor ekonomi dan ada juga yang mencari pengalaman. “Alasan mereka ada yang karena faktor ekonomi sehingga ini mencari nafkah ke luar negeri, dan ada juga yang mau mencari pengalaman,” imbuhnya.

Masih kata dia, adapun negara yang menjadi tujuan 33 warga yang mengurus surat rekomendasi untuk bekerja ke luar negeri tersebut seperti negara Malaysia, Hongkong, Singapura serta negara Taiwan. 

BACA JUGA:Tetap pada Rencana, Peluncuran iPhone 16 Pro Menampilkan Face ID di Bawah Layar

“Negara Taiwan menjadi tujuan favorit warga Lampung Barat bekerja ke luar negeri,” kata dia.

Seraya menambahkan, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Nomor 3/120/PK.02.01/III/2023 tentang perubahan kesembilan belas atas Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Nomor 3/20888/PK.02.02/VIII/2020 tentang penetapan negara tujuan penempatan tertentu bagi pekerja migran Indonesia pada masa adaptasi kebiasaan baru, ada 80 negara yang menjadi tujuan penempatan PMI. 

BACA JUGA:Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana Buka Manasik Haji 2023

Ke-80 negara yang menjadi tujuan penempatan PMI antara lain yaitu negara Singapura, Malaysia, Bosnia, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Azerbaijan, Belgia, Denmark, Hongkong, Irak, Italia, Jepang, Jerman, Kerajaan Arab Saudi, Korea Selatan, Kuwait, Lebanon, Maladewa, Maroko, Mesir, dan Taiwan, serta  Bahrain.

“Kita berharap kepada PMI asal Lampung Barat agar bisa menjaga nama baik serta menjaga kesehatan selama bekerja di luar negeri,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: