Kenali 10 Ciri-ciri Orang Meski Sholat Namun Amalnya Tertolak

Kenali 10 Ciri-ciri Orang Meski Sholat Namun Amalnya Tertolak

----tangkapan layar-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sholat merupakan salah satu rukun Islam serta sebagai Tiangnya agama dalam Islam yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT.

Namun, ternyata terdapat golongan orang yang sholat tetapi tidak diterima amalannya tersebut.

Dimana sholat yang diterangkan  itu sebagai amalan atau ibadah yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT di akhirat perlu dilaksanakan sesempurna mungkin. 

Hal ini sesuai dengan riwayat dari Abu Hurairah RA yang mengutip sabda Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Hukum Pinjol Dalam Agama Islam

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR Tirmidzi dan An Nasa'i)

Dikutib dari  laman Kanwil NTB Kementerian Agama (Kemenag), dijelaskan bahwa jika sholat seseorang diterima maka amalan lain pun akan aman dan diterima. 

Namun, jika sholat seseorang tidak benar apalagi sampai tidak diterima maka akan menjadi kerugian besar bagi seseorang tersebut.

BACA JUGA:Jika Ada Tanda Ini, Artinya Sholatmu Ditolak oleh Allah SWT

Lanjutnya, ada tiga golongan yang sholatnya tidak diterima. Keterangan ini disandarkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu melalui hadits yang dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykat Al-Mashobiih. 

Rasulullah SAW bersabda,

ثَلَاثَةٌ لَا تَرْتَفِعُ صَلَاتُهُمْ فَوْقَ رُءُوسِهِمْ شِبْرًا رَجُلٌ أَمَّ قَوْمًا وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ وَأَخَوَانِ مُتَصَارِمَانِ‬

Artinya: "Tedapat tiga kelompok yang sholatnya tidak terangkat meskipun hanya sejengkal dari atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah SWT). Ketiga golongan tersebut pertama, orang yang mengimami sebuah kamu akan tetapi kaum itu membencinya. Kedua, istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya. Ketiga, dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan). (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA:Ini Kendaraan yang Akan Ditunggangi Dajjal Mengelilingi Bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: