Semeru Erupsi Lagi, Masyarakat Diimbau Menjauhi Puncak

Semeru Erupsi Lagi, Masyarakat Diimbau Menjauhi Puncak

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan Awan Panas sejauh 1,5 Km pada Minggu 14 Mei 2023 sekitar pukul 10.12 WIB.

Awan panas guguran (APG) meluncur dari puncak Kawah Jonggring Saloko sejauh 1,5 kilometer ke arah tenggara atau Besuk Kobokan.

BACA JUGA:Viral! Kuda Putih Imam Mahdi Muncul dari Dalam Tanah Merah

Berdasarkan rekaman seismograf, amplitudo maksimal yang terekam saat APG bereaksi sekitar 10 milimeter dengan durasi 110 detik.

Dari hasil pantauan dari Pos Gunung Semeru, erupsi terjadi pada pukul 12.00 hingga 18.00 WIB, terdapat 23 kali gempa dan letusan erupsi dengan amplitudo 15-25 milimeter dan lama gempa 60 sampai 134 detik. Meski begitu status Gunung Semeru masih berstatus Level III atau Siaga.

BACA JUGA:Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2023, Cek dan Perhatikan

Menurut keterangan salah satu petugas Pos Pantau Gunung Semeru, terdapat 23 kali gempa letusan dan erupsi dengan amplitudo 15 hingga 25 mm, dan lama gempa 60 sampai 134 detik, Kata dia

Tambahnya, selain terjadi 2 kali harmonik dengan amplitudo 5 sampai 6 mm, dan lama gempa 240 sampai 572 detik.

Warga diimbau agar tidak tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak atau pusat erupsi.

BACA JUGA:Program Kuliah Gratis Bagi Lulusan SMA, Buruan Daftar Bagini Caranya

Kemudian di luar jarak tersebut, masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai Sempadan di sepanjang Besuk Kobokan.

Karena, berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: