Camat Sumber Jaya Terjun Bersama Warga Perbaiki Lokasi Kerusakan Dampak Hujan

Camat Sumber Jaya Terjun Bersama Warga Perbaiki Lokasi Kerusakan Dampak Hujan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Tugusari, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Camat Agus Hadi Purnama, S.Ip., dengan warga dan aparat kelurahan melakukan upaya penanggulangan bencana dengan mengalihkan pohon tumbang di ruas jalan tanjakan menuju Kecamatan Kebun Tebu, Jumat (12/5).

Hujan deras yang terjadi malam Jumat ternyata menyebabkan beberapa bencana kecil di wilayah tersebut, dimana pada malamnya terjadi hujan, menyebabkan banjir di sekitaran Tugu Pancasila yang menggenangi beberapa rumah warga, serta menyebabkan beberapa kolam ikan warga jebol hingga menghanyutkan ternak ikan didalamnya.

BACA JUGA:Pasca Lebaran, Pemohon Kartu Kuning Membludak

Disampaikan Agus, dalam penanganan bencana akibat hujan deras dirinya berkoordinasi dengan Lurah Amir Syarifudin, S.E., yang kemudian menerjunkan Kepala Lingkungan (Kaling) dan warga melakukan penanganan.

Seperti dititik bencana pohon tumbang, bersama warga alihkan material pohon yang menutupi badan jalan, dan saat ini bakal pohon tumbang akan kembali terjadi sebab ada satu pohon yang bagian akarnya sudah longsor. 

BACA JUGA:Pesilat Lambar Borong Medali di Kejuaraan Budi Utomo Championship Metro 2023

Dimana rencana pihaknya untuk mencegah korban, dengan akan melakukan penebangan. Akan tetapi sebelum melaksanakan terlebih akan melakukan koordinasi dengan Kapolsek dan Danramil Sumber Jaya mengingat titik pohon berada di lahan Hutan Lindung (HL).

"Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak kita inginkan, meski berada di HL kayu tersebut akan kita tebang lantaran berada di pinggir jalan dan pasti jika rubuh akan menutup badan jalan, tapi dalam eksekusinya saya dan lurah akan berkoordinasi dengan Danramil dan Kapolsek mengingat status lokasi dalam HL," tegasnya.

BACA JUGA:MenPan-RB Sebut Masalah Infrastruktur Dampak Refocusing saat Pandemi Covid-19

Sedangkan dalam upaya membantu warga yang rumahnya terendam air setinggi lutut, pihaknya dan warga dibantu oleh personil Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan menggunakan alkon menyedot air yang masuk dalam rumah.

Ia menjelaskan banjir di sekitaran baru kali pertamanya terjadi, artinya intensitas hujan memang sangat tinggi. Dan penyebab banjir karena penyempitan drainase akibat bangunan rumah warga sendiri. 

BACA JUGA:Mall Pelayanan Publik Lampura Diresmikan Besok

"Masalah bencana alam ini juga sudah kami laporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, dengan harapan adanya perhatian kedaruratan," ucap Camat Agus. 

Dan terlepas dari upaya penanganan yang dilakukan pihaknya mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan cuaca ekstrim yang tengah melanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: