Pertumbuhan Ekonomi Lampung pada Triwulan Pertama Menunjukkan Trend Positif

Pertumbuhan Ekonomi Lampung pada Triwulan Pertama Menunjukkan Trend Positif

Asisten Gubernur Lampung Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) pada 6 Mei 2023 merilis pertumbuhan ekonomi Lampung triwulan pertama tahun 2023 lebih tinggi dari rata-rata Sumatera. 

Provinsi Lampung menjadi satu-satunya provinsi di wilayah Sumatera yang mengalami pertumbuhan ekonomi secara positif.

Sementara sembilan provinsi lainnya justru mengalami kontraksi atau pertumbuhan negatif.

Gambaran pertumbuhan ekonomi Lampung di triwulan pertama ini bisa menjadi pijakan bagi pertumbuhan ekonomi pada triwulan kedua, sekaligus dapat dijadikan pondasi dalam pengambilan kebijakan perekonomian tahun ini. 

BACA JUGA:DPD NasDem Lamtim Targetkan Menang Pemilu 2024

Demikian dikemukakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi saat membuka Diskusi Ekonomi Triwulanan (Diskon-Tri) Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan I Tahun 2023 di Ruang Video Conference Lt.I Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Kamis (11/5).

"Tentu kami akan terus bekerja keras melakukan berbagai upaya yang terbaik agar kondisi perekonomian di provinsi ini tidak mengalami kontraksi," ungkapnya. 

Tentu dengan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi menjadi sinyal pulihnya aktivitas ekonomi di Provinsi Lampung kedepannya.

"Penting bagi kita melakukan assessment dan evaluasi atas capaian ekonomi dari para narasumber. Outlook ke depan seperti apa, serta instrumen yang tepat untuk mendorong dan menjaga pertumbuhan ekonomi Lampung kedepannya," terangnya.  

BACA JUGA:Pilkakam Serentak Way Kanan, 38 dari 86 Petahana Tumbang

"Hal demikian dapat dilihat sebagai sebuah peluang sekaligus tantangan kita untuk menggagas dan memunculkan ide-ide kreatif sebagai rekomendasi untuk mengoptimalkan pembangunan ekonomi Provinsi Lampung ini," kata dia. 

Sementara menurut Kepala BPS Lampung Atas Parlindungan Lubis, bahwa kinerja perekonomian di Lampung triwulan pertama tahun 2023 tumbuh sampai 4,96 persen (yoy). 

Itu ditopang oleh kinerja Investasi, Konsumsi Rumah Tangga, Konsumsi LNRPT, Ekspor, PMTB dan Konsumsi Pemerintah yang semuanya bertumbuh positif serta meningkat dibandingkan pad triwulan sebelumnya.

"Pada triwulan ini, dari sisi lapangan usaha, perdagangan mencapai (1,90 persen), serta transportasi dan pergudangan mencapai (1,40 persen) menjadi sumber pertumbuhan tertinggi. Lalu jika dilihat dari pengeluaran, konsumsi rumah tangga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi yakni mencapai 3,01 persen," tutup dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: