Juni, Pemkab Lambar Mulai Bangun PLUT

Juni, Pemkab Lambar Mulai Bangun PLUT

Ilustrasi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar dalam hal ini Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) akan membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di komplek Pemkab atau tepatnya di samping Gedung PKK.

“Untuk tender telah selesai dan saat ini sedang proses pematangan lahan. Rencananya untuk pembangunan fisik akan di mulai bulan Juni mendatang,” ujar Kabid Koperasi dan UKM Ihtiwan mendampingi Kepala Diskoperindag Tri Umaryani, Senin (8/5/2023).

BACA JUGA:Pekon Trimulyo Gunakan Trik Ini Agar Bansos Tepat Penggunaannya

Dijelaskannya, gedung pelayanan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti meubelair, komputer, dan inkubator serta lainnya.

“Jadi nanti setelah dibangun akan menjadi pusat layanan koperasi dan UMKM di Lampung Barat,” kata dia.

 BACA JUGA:Lakalantas! Minibus Escudo Terjun ke jurang di Jalan Lintas Nasional Pekon Bakhu

Ia mengungkapkan, tujuan pengelolaan DAK fisik Bidang UMKM untuk meningkatkan produktivitas, nilai tambah dan kualitas kerja, daya saing dan pemulihan usaha koperasi, UMK dan wirausaha. Lalu meningkatkan jumlah koperasi, UMK dan wirausaha yang didampingi.

Selain itu, untuk mendorong percepatan digitalisasi koperasi, UMK dan wirausaha, menumbuhkembangkan wirausaha dan mendorong peran serta koperasi, UMK dan wirausaha dalam pengembangan DPP. 

BACA JUGA:Penuhi Panggilan KPK, Ada yang Beda dari Kadiskes Lampung Reihana

Adapun sasaran keluaran pembangunan PLUT yaitu terbangunnya PLUT di lokasi prioritas DAK tematik penguatan DPP dan atau mendukung lokasi Major Project (MP) Pengelolaan Terpadu UMKM. 

Sedangkan sasaran outcome yakni terwujudnya pelayanan PLUT yang berkualitas bagi koperasi, UMK dan wirausaha, meningkatnya jangkauan dan kualitas pendampingan bagi koperasi UMK dan wirausaha. 

BACA JUGA:Dua Pejabat Lambar Ikut Seleksi Terbuka JPTP Pemprov Lampung

Sasaran lainnya yaitu meningkatnya kualitas dan daya saing koperasi, UMK dan wirausaha, meningkatnya pertumbuhan wirausaha pemula dan UKM naik kelas dan mendorong peran serta koperasi, UKM dan wirausaha dalam pengembangan DPP atau MP pengelola terpadu UMKM. 

“Kita berharap dengan dibangunnya PLUT dan sarana dan prasarananya, akan bermanfaat dan mendukung koperasi dan UMKM di Kabupaten Lampung Barat,” ujar dia seraya menambahkan, pembangunan PLUT ini bersumber dari DAK Fisik Bidang UMKM tahun 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: