Bank Pakan, Solusi Peternak di Pesbar Hadapi Fenomena El Nino

Bank Pakan, Solusi Peternak di Pesbar Hadapi Fenomena El Nino

Ilustrasi-Freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi ternak, baik ternak sapi, kerbau maupun kambing. 

Namun, rata-rata sebagian besar masyarakat Pesbar memilih untuk beternak ternak sapi. 

Dengan adanya potensi hewan ternak tersebut, tentu peternak juga harus memaksimalkan kebutuhan pakan ternaknya.

Terlebih, ketika menghadapi musim kemarau panjang, bahkan adanya fenomena El Nino yang diperkirakan akan terjadi pada Agustus 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Masih Ada TPS Sulit Dijangkau di Pesbar Pada Pemilu 2024

Sehingga, kondisi itu harus benar-benar menjadi perhatian bagi peternak terutama dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak selama musim kemarau panjang.

Mengingat, jika memang terjadi musim kemarau panjang seperti di Kabupaten Pesbar akan berdampak terhadap kekeringan, tak terkecuali pada tanaman rumput yang merupakan pakan utama hewan ternak. 

Sehingga, kondisi tersebut dikhawatirkan berdampak terhadap hewan ternak di Kabupaten Pesbar ini.

Menyikapi hal itu, Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, mendampingi kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesbar Unzir, S.P., mengatakan, jika terjadi kekeringan atau kemarau panjang seperti fenomena El Nino yang diprediksi Agustus 2023 mendatang, tentunya akan sangat berimbas salah satunya terhadap para peternak di Kabupaten Pesbar ini. 

BACA JUGA:Selama Bulan April, Kunjungan Wisata di Lambar Naik Dua Kali Lipat

Karena dengan kondisi kemarau panjang jelas akan sulit untuk mendapat pakan ternak yang didominasi jenis pakan rerumputan.

“Karena itu kita mengimbau kepada para peternak di Kabupaten Pesbar ini agar dapat menyiapkan bank pakan dalam menghadapi musim kemarau panjang atau adanya fenomena El Nino,” ujarnya.

Ditambahkannya, bank pakan atau pakan simpan baik jenis rumput, jerami padi, jerami jagung, atau legum, itu jelas akan sangat membantu peternak dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing. 

BACA JUGA:Lambar Terancam Serangan El Nino, Cuaca Ekstrim Diprediksi akan Terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: