Pekon Sukapura Gelar Layanan Posyandu Rutin Bulanan

Pekon Sukapura Gelar Layanan Posyandu Rutin Bulanan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama Bidan Desa, Perawat pekon dan kader posyandu Pekon Sukapura, melaksanakan rutinitas bulanan yakni pelayanan posyandu, Kamis (4/5).

Seperti terpantau di Posyandu Anggrek Putih Pemangku l Rasamaya, terlihat para petugas begitu bersemangat melakukan pelayanan posyandu kepada warga khususnya kategori balita dan Ibu Hamil (Bumi). 

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Bakal Gelar Operasi Bibir Sumbing

Petugas Pendamping Keluarga Ida Farida mendampingi Peratin Setiawati mengatakan dalam posyandu tersebut banyak pelayanan kesehatan yang dilaksanakan seperti pemeriksaan balita, pemberian imunisasi, pemeriksaan Bumil dan penyuluhan bumil pasca melahirkan. 

Lebih jauh disampaikannya, tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Ratusan Bacaleg di Lambar di Test Urine Hingga Kejiwaan

"Pentingnya posyandu balita juga selain untuk kesehatan juga upaya mencegah kasus stunting," ungkapnya.

Sehingga ketika ditemukan ada kelainan pada bayi, misalnya berat badan yang tidak sesuai dengan umur maka di anjurkan untuk diberikan pemeriksaan lebih lanjut ke puskesmas atau yang berkompeten lainnya.  

BACA JUGA:Ini Bahan Alami Obati Asam Lambung, Mudah Dicari

"Alhamdulilah dalam posyandu ini semua berjalan baik dan tidak ada ditemukan hal-hal yang aneh seperti terhadap kesehatan balita maupun bumil," katanya.

Ida juga menjelaskan posyandu yang dilaksanakan oleh pekon jadwalnya satu bulan sekali. Artinya memiliki perbedaan dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari.

BACA JUGA:Perolehan Hasil Uji PK Guru PAI SMA Sederajat Lambar di Bawah Standar

Ida tak ketinggalan menyampaikan terimakasih kepada pihak Pekon Sukapura di bawah komando Peratin Setiawati yang telah menyalurkan banyak bantuan dalam mendukung kegiatan posyandu. 

"Alhamdulilah berkat dukungan penuh pekon fasilitas posyandu kita terus membaik dan memberikan kelancaran setiap pelayanan, begitu juga dengan tenaga pelayanan baik medis mapin kader yang gigih dalam menjalankan tugas," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: