Antisipasi Dampak El Nino, Dishut Lampung Bentuk Satgas Karhutla

Antisipasi Dampak El Nino, Dishut Lampung Bentuk Satgas Karhutla

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hampir seluruh Provinsi se-Indonesia diprediksi akan terkena dampak El Nino pada tahun 2023.

Termasuk Provinsi Lampung, Karenanya potensi kekeringan hingga akhir tahun bisa saja terjadi dan hal tersebut berpotensi terjadinya kebakaran. 

BACA JUGA:Pekon Gunung Terang Halal Bihalal Sekaligus Rakor Bulanan

Menyikapi hal tersebut Dinas Kehutanan Provinsi Lampung akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) guna mewaspadai fenomenal El Nino yang dikhawatirkan akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Saat ini kami sedang menyusun pembentukan satgas karhutla. Tugas satgas sendiri dimulai dari pencegahan sampai penanggulangan potensi kebakaran hutan yang mungkin terjadi di Lampung," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah saat dimintai keterangan, Selasa (2/5). 

BACA JUGA:Berikut Harapan Peratin Karang Agung di Momentum Hardiknas

Lanjutnya, dibentuknya satgas karhutla tersebut diharapkan dapat mencegah serta melakukan deteksi sejak dini dimana saja lokasi titik panas yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. 

"Potensi karhutla di Lampung sebenernya rendah karena luasan lahan gambut hanya sedikit, jadi kebakaran hutan ini tidak tinggi yang biasanya terbakar itu di Way Kambas tapi ini masih masih bisa dikendalikan," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: