Way Kanan Waspada Banjir, 3 Rumah Warga Lembasung Tergenang Luapan Kali Asun

Way Kanan Waspada Banjir, 3 Rumah Warga Lembasung Tergenang Luapan Kali Asun

Aparat Polres Way Kanan mengecek rumah warga Kampung Lembasung yang sempat digenangi air akibat meluapnya Kali Asun--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Intensitas hujan yang cukup tinggi di Way Kanan, khususnya di Kecamatan Blambangan umpu membuat pemerintah setempat sangat cemas akan bahaya banjir yang kapan saja bisa melanda.

Ibukota Way Kanan itu sendiri diapit oleh 3 sungai besar yang dipastikan kerap meluap secara bersama sama di musim hujan tiba.

“Kami menghimbau untuk Masyarakat Way Kanan yang berdomisili di pinggir pinggir sungai-sungai besar di Way Kanan untuk terus berhati hati dimusim hujan seperti ini, sebab air bisa naik kapan saja, apalagi kita ketahui sungai sungai kita yang sekarang sudah jauh lebih dangkal dari tahun tahun sebelumnya,” ujar Kepala BPBD Way Kanan Hi. Hendri Syahri, ST., MT.

BACA JUGA:Halal Bihalal, DPD LDII Kabupaten Pringsewu Gelar Baksos dan Bazar

Himbauan yang disampaikan oleh Kepala BPBD Way Kanan tersebut bukan hanya isapan jempol, karena Sungai Umpu, Sungai Tahmi dan Sungai Besai, 3 sungai besar yang mengelilingi Way Kanan siap meluluhlantakkan apa saja saat sungai sungai meluap.

Tanda-tanda itu terlihat dengan meluapnya kali Asun yang berada di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu yang menyebabkan 3 rumah tergenang air pada Minggu (30/4) malam.

“Saya juga berharap kejadian tak terduga ini dapat dijadikan pelajaran yang baik oleh warga dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya ke dalam sungai Kali Asun, sehingga kedepan tidak lagi meluap,” ujar Helmi Ibrahim, Kepala Kampung Lembasung.

BACA JUGA:Karang Taruna Pekon Sukamaju Renovasi Sarana Prasarana BUMPekon

Masih menurut Helmi, meluapnya Kali Asun sudah 2 kali selama masa kepemimpinannya, akan tetapi yang pertama hanya luapan biasa dan langsung surut karena hanya hujan lokal.

Namun meluapnya Kali Asun semalam karena diduga seluruh Way Kanan diterpa hujan, sehingga Sungai Umpu meluap yang menyebabkan Kali Asun yang tidak mampu menampung tumpahan hujan airnya meluap ke perumahan penduduk.

Walaupun tidak menimbulkan korban, akan tetapi tanaman serta sawah warga ikut terendam banjir.

BACA JUGA:Koramil Gadingrejo Halal Bihalal ke Polsek Pringsewu

Diterangkan, dari 15 Kecamatan yang ada Kabupaten Way Kanan terdapat 9 Kecamatan yang sangat rentan dengan bencana khususnya banjir antara lain Kecamatan Banjit, Kasui, Blambangan Umpu, Negeri Agung, Bahuga, Bumi Agung, Negeri Besar, Pakuan Ratu dan Negara Batin.

Bahkan pada awal April lalu terdapat 4 warga yang meninggal dunia karena terseret banjir dan tertimbun longsor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: