Usai Telan Korban Jiwa, Jalur Pendakian Gunung Seminung untuk Sementara Ditutup

Usai Telan Korban Jiwa, Jalur Pendakian Gunung Seminung untuk Sementara Ditutup

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Usai peristiwa nahas yang terjadi di puncak Gunung Seminung di pekon Teba Pering Raya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat hingga mengakibatkan satu pendaki meninggal dunia setelah tersambar petir, saat ini jalur pendakian menuju puncak Gunung Seminung untuk sementara ditutup.

Hal demikian disampaikan Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyantho usai turun langsung membantu proses evakuasi para pendaki. 

Ia menyebut kondisi cuaca yang buruk sejak beberapa hari terakhir dapat membahayakan para pendaki sehingga demi keselamatan maka pihaknya telah berkoordinasi dengan Pokdarwis pengelola wisata gunung seminung agar sementara melakukan penutupan.

BACA JUGA:Mobil Terjun Bebas ke Sungai Komering, 4 Pemudik Asal Bandar Lampung Meninggal Dunia

"Jadi untuk pendakian menuju puncak Gunung Seminung ini untuk sementara ditutup, keputusan ini kita ambil untuk mengantisipasi hal -hal yang tidak diinginkan karena saat ini intensitas hujan cukup tinggi disertai petir sehingga kondisi berisiko untuk para pendaki," ujarnya, Minggu (30/4/2023).

Selain cuaca, lanjutnya, kondisi jalur pendakian juga sangat licin hal itu juga terlihat dari betapa sulitnya tim SAR dalam mengevakuasi para pendaki.

"Tentu ini menjadi perhatian bersama untuk keselamatan pendakian, jika cuaca buruk atau sedang terjadi hujan disarankan untuk tidak melakukan pendakian," tutup Kapolres.

BACA JUGA:Lebaran Hingga Pasca Lebaran, Sekitar 140 Ribu Wisatawan Liburan ke Bandar Lampung

Diketahui sebelumnya, Jenazah Abdal Reka Anggara (18) Warga Desa Terean, Kecamatan Mekakau Ilir, Banding Kabupaten Oku Selatan yang merupakan korban meninggal dunia dalam peristiwa nahas yakni tersambar petir di puncak Gunung Seminung di Pekon Teba Pering Raya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat berhasil dievakuasi dan tiba di Puskesmas pada Minggu (30/4/2023) sekitar pukul 13:40 WIB.

Jenazah almarhum dibawa menggunakan ambulans dari kaki Gunung Seminung di Pekon Teba Pering Raya menuju UPT Puskesmas Buay Nyerupa, di Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Sukau.

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan medis, jenazah langsung diserahkan ke pihak keluarga oleh Camat Sukau Ahmat Sater didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Lambar Mekal Novisa, Kasat Reskrim Polres Lambar Iptu Juherdi Sumandi, Batuud Koramil 422-04 Balik Bukit Peltu Asmawi serta personel gabungan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: