Panitia Pilratin Tetapkan Tiga Calon Peratin Pekon Tapak Siring

Panitia Pilratin Tetapkan Tiga Calon Peratin Pekon Tapak Siring

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Panitia Pemilihan Peratin (Pilratin) Pekon Tapaksiring, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan penetapan tiga calon peratin untuk mengisi kekosongan jabatan peratin definitif periode 2023-2028 pada Kamis (27/4/2023).

Penetapan tiga calon peratin yang berlangsung di balai pekon setempat itu dipimpin oleh Pj Peratin Tapak Siring Herwanda dan dihadiri jajaran panitia pilratin, LHP, seluruh calon peratin dan para tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Pasca Dibuka, Posko Pengaduan THR Disnaker Lampung Catat Ada 21 Aduan

Pj Peratin Tapak Siring Herwan mengatakan penetapan calon dan nomor urut ini merupakan bagian dari tahapan yang telah dijadwalkan oleh panitia.

“Alhamdulillah sejauh ini tahapan demi tahapan pelaksanaan pilratin berjalan lancar, hari ini kami resmi menetapkan tiga calon Peratin Tapak Siring untuk periode 2023-2028 yakni nomor urut 1 Mimbar, nomor urut 2 Sukron dan nomor urut 3 Yasir Arafat,” kata Herwanda.

BACA JUGA:Diduga Keracunan Gas, Tiga Orang Meninggal di Dalam Sumur

Untuk tahapan selanjutnya, kata dia, panitia akan melaksanakan musyawarah di tingkat pemangku guna menentukan para calon pemilih yang setiap pemangku akan diwakili oleh lima hingga lima orang mata pilih.

“Jadi musyawarah pemangku ini nanti untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi wakil dalam menyalurkan hak pilih dari setiap pemangku. Jumlahnya disesuaikan dengan mata pilih dan kami sudah menghitung masing-masing dari enam pemangku akan diwakili oleh lima mata pilih dan ada satu pemangku dengan jumlah mata pilih paling sedikit akan diwakili empat mata pilih sehingga total dari enam pemangku akan ada 29 mata pilih,” paparnya.

BACA JUGA:Satu Rumah Warga Sukoharjo Hangus Dilalap Si Jago Merah

Lebih lanjut di singgung terkait pelaksanaan penyaluran hak pilih, pihaknya mengaku belum menentukan jadwal, hanya saja sesuai instruksi Pemkab Lambar dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) ditargetkan agar peratin terpilih dapat dilantik pada 30 Mei mendatang. 

“Karena masih ada tahapan-tahapan, maka untuk hari H pencoblosan atau penyaluran hak pilih belum bisa ditentukan, tapi untuk pastinya nanti kita informasikan. Tapi sedikit gambaran bahwa sesuai arahan dari DPMP untuk peratin terpilih ditargetkan agar bisa dilantik pada 30 Mei mendatang,” imbuhnya.

BACA JUGA:Pekon Pampangan-Trimulyo Perdana Salurkan BLT-DD Tahun 2023

Terakhir, Herwanda berpesan sesuai dengan yang telah disepakati bersama dalam acara penetapan calon hari ini bahwa kepada seluruh calon dan pendukung wajib menjaga marwah demokrasi yaitu etika dalam berpolitik, menjunjung tinggi sportifitas dan tetap memberikan suasana sejuk di tengah masyarakat serta siap menang dan siap kalah.

“Dan kepada masyarakat pekon tapak siring agar tetap menjaga persatuan dan persaudaraan, karena kita disini semua bersaudara memiliki kaitan minak muakhi sehingga jangan cederai demokrasi dan persaudaraan,” pesannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: