Dinkes Pesbar Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Himbau Pemudik Cek Kesehatan di Posko Pelayanan

Dinkes Pesbar Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Himbau Pemudik Cek Kesehatan di Posko Pelayanan

Kepala Dinkes Kabupaten Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) memastikan pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas dan juga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun fasilitas kesehatan lainnya di Negeri Para Saibatin dan Ulama, tetap buka selama cuti bersama dan libur hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dinkes Kabupaten Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., mengatakan, cuti bersama dan libur lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tersebut dimulai pada Rabu (19/4/2023) sampai dengan Rabu (26/4/2023) mendatang. 

Meski begitu untuk pelayanan kesehatan seperti pada Unit Gawat Darurat (UGD) itu tetap seperti biasanya baik di Puskesmas rawat inap, maupun rawat jalan dan juga di rumah sakit. Artinya, tetap melayani selama 24 jam.

BACA JUGA:1.182 Pemudik dari Pelabuhan Ciwandan Tiba di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung

"Untuk di Kabupaten Pesbar ini memiliki 11 Puskesmas yang tersebar di masing-masing Kecamatan, serta ada satu rumah sakit umum dan beberapa klinik kesehatan," katanya.

Karena itu, kata dia, pihaknya memastikan selama libur dan cuti bersama lebaran itu pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas dan rumah sakit umum dan fasilitas kesehatan lainnya tetap berjalan maksimal. 

Karena itu kita berharap hal tersebut dapat menjadi perhatian bagi petugas kesehatan yang ada di Puskesmas dan rumah sakit. 

BACA JUGA:Rela Mudik Tujuan Krui Pakai Motor Meski Sedang Hamil Demi Lebaran di Kampung Halaman

Begitu juga pada posko pengamanan dan posko pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang dimulai sejak Selasa (18/4)/2023) hingga Selasa (25/4/2023) mendatang, yang tersebar di Kabupaten ini untuk pelayanan kesehatan pun tetap dimaksimalkan.

"Jumlah posko Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Pesbar ini sebanyak 10 posko. Kita juga telah menugaskan tenaga kesehatan beserta driver dan ambulan untuk bertugas pada 10 posko tersebut," jelasnya.

Masih kata dia, Dinkes Pesbar juga telah berkoordinasi bersama BPJS kesehatan untuk berkomitmen melaksanakan pelayanan kesehatan, baik di FKTP maupun praktek mandiri, secara gratis selama libur dan cuti bersama bagi peserta JKN-KIS yang terdaftar di Faskes yang ada di Pesbar maupun luar Pesbar.

BACA JUGA:Balai Kencana Realisasikan BLT DD Tahap I Sekaligus Serahkan Bantuan Bibit Tanaman

Selain itu, Dinkes Pesbar juga telah berkoordinasi dengan lintas sektor terkait dalam pelaksanaan kegiatan, serta memberikan himbauan kepada masyarakat melalui spanduk dan banner, salah satunya untuk  tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Bagi pemudik agar dapat memeriksakan kondisi kesehatan di posko-posko pelayanan yang ada, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit, serta menjaga pola makan agar terhindar dari gangguan penyakit selama dalam perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: