Puskesmas Kenali Jemput Bola Layani Kesehatan dan Berbagi Sembako

Puskesmas Kenali Jemput Bola Layani Kesehatan dan Berbagi Sembako

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, UPT Puskesmas Kenali, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat memberikan pelayanan kesehatan dengan cara jemput bola untuk membantu Zubairi warga Pekon Hujung yang sejak 5 tahun terakhir mengalami gangguan penglihatan.

Pelayanan jemput bola itu dilakukan langsung oleh kepala UPT Puskesmas Kenali Romaita, S.ST, M.Kes. Usai memberikan pelayanan berupa sejumlah pemeriksaan, kepala Puskesmas turut memberikan bantuan sembako beras dan telur.

Romaita mengatakan warga tersebut selama ini tinggal di kebun dan takut untuk berobat, sehingga hal itu yang mendasari pihaknya turun memberikan pelayanan jemput bola

BACA JUGA:DPMP Lambar Rekomendasikan Pencairan DD 69 Pekon

“Tadi sudah kita periksa, kemungkinan pasien menderita katarak, sehingga selanjutnya kami edukasi dan beri saran untuk pergi berobat ke dokter spesialis mata,” ujarnya.

Lanjutnya, Pelayanan jemput bola merupakan program rutin puskesmas melalui kegiatan puskesmas keliling (pusling). 

Melalui pusling masyarakat yang masih kesulitan terjangkau pelayanan kesehatan dapat terlayani dengan baik serta memperoleh informasi kesehatan sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:Dikeluhkan Masyarakat, Banyak Kerusakan Traffic Light Jalan Nasional Tak Kunjung Diperbaiki

“Melalui pusling kita melakukan penyisiran wilayah-wilayah dusun atau pemangku yang jauh dari akses kesehatan dengan menurunkan para petugas medis yang sasarannya adalah individu, keluarga atau kelompok masyarakat,” ujarnya. 

Pelayanan yang diberikan tersebut berupaya pelayanan kesehatan dasar seperti pemeriksaan umum, Ibu Hamil (Bumil), balita, lanjut usia, konseling dan edukasi termasuk kesehatan lingkungan.

“Keberadaan Pusling ini tentunya sangat membantu pemerataan kesehatan masyarakat, terlebih bagi daerah yang masyarakatnya kesulitan akses transportasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Maka dari itu, kami hadir mendekati warga untuk meningkatkan kualitas kesehatan,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: